11 Hal Ini Bisa Sebabkan Rambut Rontok

0
683

RariaMedia.com – Rambut rontok adalah masalah yang paling umum dan paling sering dialami oleh semua orang, terutama kaum wanita. Tapi tahukah kamu hal apa saja yang membuat rambut kamu rontok? Berikut ini kami punya rangkumannya untuk kamu.

 

1. Anemia

Jika tubuh kamu merasa lesu dan lemas, disertai dengan rambut rontok, bisa jadi itu adalah anemia. Anemia adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah menurun dan sebaiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter.

 

2. Masalah keturunan

Pola kebotakan pada wanita, walaupun jarang, namun bisa saja terjadi. Jika ibu kamu memiliki rambut tipis yang memburuk seiring usia, kemungkinan besar kamu juga akan mengalaminya.

 

3. Terlalu sering keramas

Terlalu sering keramas juga bisa menyebabkan kerontokan rambut loh, terutama jika kamu tidak pernah menggunakan kondisioner.

Baca juga:  15 Tips Mudik Lebaran yang Sehat, Aman dan Menyenangkan

4. Kekurangan protein

Mengubah pola makan bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Keluhan paling umum dari orang-orang yang baru saja menjalani kehidupan sebagai vegan adalah rambut rontok, karena mereka kekurangan protein.

 

5. Kekurangan jumlah vitamin B

Vitamin B adalah nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari makanan laut, sayuran hijau, dan telur. Vitamin B sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan jika kekurangan, maka bisa menyebabkan rambut rontok.

 

6. Diet yang tidak berjalan dengan baik

Penurunan berat badan yang mendadak juga dapat menjadi salah satu penyebab dari rontoknya rambut. Namun, jangan khawatir karena sifatnya hanya sementara, nanti rambut kamu akan tumbuh kembali.

Baca juga:  Sering Mual Usai Minum Susu? Ini Cara Mengatasinya!

7. Terlalu sering menguncir rambut

Jika kamu menguncir rambut dengan ketat dari waktu ke waktu secara terus menerus, maka akan menyebabkan kerontokan rambut yang serius.

 

8. Terlalu sering mengecat rambut

Terlalu sering mengecat rambut akan membunuh rambut. Jika terlalu sering menata rambut, seperti mewarnai, memutihkan, atau mengeringkan rambut dapat menekan folikel rambut sampai di titik kerontokan.

 

9. Tanda penyesuaian hormonal postpartum

Kebanyakan orang hamil akan mengalami rambut rontok. Untuk beberapa wanita, kerontokan rambutnya bisa sangat serius ketika mereka hamil.

Baca juga:  Berat Badan Naik Mendadak, Mungkin Ini Penyebabnya

10. Stres

Rambut rontok juga bisa disebabkan karena stres. Biasanya terjadi selama kurang lebih enam minggu atau tiga bulan setelah Anda mengalami stres berat.

 

11. Terlalu banyak menarik rambut

Ini merupakan gangguan psikologis atau trikotilomania, yaitu kebutuhan kompulsif untuk mencabut rambut ketika merasa stres. Jika hal ini di luar kendali, maka rambut Anda benar-benar akan rontok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here