15 Tips Mudik Lebaran yang Sehat, Aman dan Menyenangkan

0
865
Family with two children (3 and 9 years) going on vacation, loading luggage into car. Main focus on girl and father.

RariaMedia.com – Mudik atau pulang kampung merupakan tradisi rutin masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Momen ini menjadi sangat penting bagi sebagian besar masyarakat Muslim di Indonesia. Karena itu, untuk menghadapi mudik diperlukan persiapan khusus agar dapat berjalan lancar dan menyenangkan.

Berikut ini kami punya tips mudik yang sehat dan menyenangkan, yuk kita simak!

 

1. Persiapkan Fisik

Hal ini sangatlah penting sebelum kamu melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, apalagi yang harus menempuh perjalanan jauh.

 

2. Periksa Kondisi Kelayakan Kendaraan

Sebelum kamu melakukan perjalanan mudik, pastikan kendaraan kamu dalam kondisi yang layak. Kamu bisa memeriksakan kendaraan kamu ke bengkel-bengkel terdekat untuk memastikan kendaraan kamu aman.

 

3. Tidak Neminum Obat-Obatan atau Minuman yang Menyebabkan Kantuk Sebelum dan Selama Mengemudi.

Hal ini sangat berbahaya bagi pengemudi, karena jika pengemudi kendaraan mengantuk bisa menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Baca juga:  6 Cara Ini Bikin Lari di Trademill Menjadi Lebih Menyenangkan

4. Beristirahat Selama 15 Menit Setiap Telah Mengemudi Selama 4 Jam.

Kamu harus beristirahat terlebih dahulu sebelum kembali melanjutkan perjalanan agar tubuh kamu menjadi fit kembali selain itu agar kendaraan kamu bisa beristirahat sejenak.

 

Jangan berkendara saat mengantuk (hansaboys.wordpress.com)

5. Jangan Paksakan Mengemudi Bila Sudah Lelah atau Mengantuk.

Beristirahatlah terlebih dahulu jika pengemudi sudah lelah dan mengantuk agar tidak membahayakan saat berkendara.

 

6. Disiplin dan Patuhi Rambu Lalu Lintas.

Jangan melanggar rambu lalu lintas yang ada, karena bisa membahayakan bagi diri kamu sendiri maupun orang lain.

 

7. Kendalikan Kecepatan Kendaraan

Perhatikan dan kendalikan kecepatan kendaraan kamu terutama pada kondisi jalanan yang rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk.

 

8. Kendaraan Tidak Melebihi Muatan yang Layak.

Jangan membawa barang bawaan terlalu banyak atau ditumpangi terlalu banyak orang apalagi sampai melebihi batas layak muatan kendaraan. Hal ini bisa membahayakan diri kamu maupun orang lain juga loh.

Baca juga:  9 Tanda Tingkat Stres Sudah di Luar Kendali

9. Gunakan Masker dan Lindungi Diri dari Polusi Udara.

Selama mudik, kamu pasti akan terpapar polusi udara terutama dari knalpot kendaraan. Oleh karena itu, gunakanlah masker saat keluar kendaraan agar terlindungi dari polusi udara.

 

10. Jangan Mengonsumsi Makanan atau Minuman yang Diberikan Oleh Orang yang Tidak Dikenal.

Karena belum tentu makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal itu aman untuk kesehatan kamu. Selain itu, maraknya modus perampokan dengan cara membius korban masih sering digunakan di sejumlah daerah. Obat bius atau obat tidur dicampurkan dalam minuman atau makanan, lalu diberikan pada korban. Korban akan jatuh tertidur sangat nyenyak sehingga tidak sadar hartanya dikuras. Kemudian si pelaku akan cepat-cepat turun di perhentian terdekat.

 

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir (radarpekalongan.com)

11. Cuci tangan Pakai Sabun dan Air Mengalir Sebelum Makan.

Jika kamu ingin makan, cuci tanganlah terlebih dahulu. Kami sarankan, kamu membawa sabun sendiri dari rumah dalam bentuk sabun cair bukan sabun batang.

 

12. Konsumsi Makanan dan Minuman yang Sehat.

Selama mudik di perjalanan, konsumsilah makanan dan minuman yang sehat dan aman bagi kesehatan kamu. Lebih disarankan membawa makanan dan minuman dari rumah yang awet dan tidak berkuah agar lebih hemat dan sehat.

 

13. Buanglah Sampah pada Tempatnya.

Siapkanlah kantung plastik yang cukup besar untuk menampung sampah-sampah selama perjalanan mudik kamu dan buanglah di tempat sampah yang ada di rest area atau tempat pemberhentian yang ada.

Baca juga:  Mau Langsing? Yuk Coba 5 Jenis Makanan Ini!

14. Tidak Buang Air Kecil/Besar Sembarangan, Gunakan Toilet yang Tersedia.

Buang air kecil atau besar dengan sembarangan bisa mengganggu kesehatan kamu dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, gunakanlah toilet yang tersedia.

 

15. Bila Sakit, Manfaatkan Pos Kesehatan Terdekat.

Disarankan membawa obat-obatan yang cukup selama perjalanan mudik seperti obat anti diare, obat sakit kepala, obat anti alergi, obat mual-muntah dan obat maag. Jika memang sakitnya makin parah, kamu bisa memanfaatkan pos kesehatan terdekat.

 

Itulah 15 tips mudik yang sehat, aman, dan menyenangkan. Semoga perjalanan mudik kamu bisa lancar dan sampai tujuan dengan selamat agat bisa bersilaturahmi dengan keluarga kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here