Fashion & Beauty

Senin, 29 Juni 2020 - 08:00 WIB

1 minggu yang lalu

logo

3 Tips Cegah Timbulnya Jerawat Saat Gunakan Masker

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan masker agar tidak menimbukkan jerawat di wajah. (Foto: insider.com)

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan masker agar tidak menimbukkan jerawat di wajah. (Foto: insider.com)

RariaMedia.com – Sejak merebaknya pandemi Covid-19, masker menjadi alat pelindung wajib bagi setiap orang untuk menekan penularan virus corona. Masker bisa mencegah penyebaran droplet atau percikan dari mulut yang berpotensi menyebarkan virus corona.

Namun, belakangan ini masker tak lagi sekadar alat pelindung diri. Masker telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Bahkan, masker dianggap sebagai penunjang fashion.

Baca juga:  Inilah 3 Rahasia Bikin Kulit Tetap Glowing Meski Terpapar Polusi

Dalam penggunaan masker, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama bagi kulit wajah. Sebab, jika tidak segera diatasi, justru dapat menimbulkan masalah jerawat di wajah.

Dilansir dari Brilio.net, beberapa tips berikut ini dapat kamu gunakan untuk mencegah timbulnya jerawat akibat penggunaan masker.

 

1. Rutin Bersihkan Wajah

Walaupun saat berada di luar, sebagian besar kulit tertutupi oleh masker, tapi kamu harus tetap rutin mencuci wajah.

Membersihkan wajah setelah menggunakan masker juga dapat mengangkat minyak berlebih dan kulit mati. Terlebih lagi jika kamu berada di luar rumah dalam waktu yang cukup lama.

 

2. Pilih Bahan Masker yang Tepat

masker kain

Pilihlah bahan masker yang tepat. (Foto: Shutterstock)

Salah satu bahan yang baik digunakan sebagai masker wajah adalah kain katun. Sebab, sifatnya yang lebih lembut dikulit dan membuat pernapasan menjadi lebih mudah.

Selain itu, saat menggunakan masker, tak jarang keringat menempel diwajah. Untuk itu, dianjurkan untuk selalu mencuci masker segera setelah digunakan.

 

3. Hindari penggunaan Make Up

Saat menggunakan masker, besar kemungkinan kulit wajah akan berkeringat. Saat berkeringat itulah, pori-pori kamu dapat tersumbat jika kamu menggunakan make up.

Baca juga:  20 Cara Memutihkan Kulit yang Gelap Secara Cepat dan Alami

Untuk itu, usahakan untuk tidak menggunakan make up ketika menggunakan masker. Namun, kamu tetap bisa menggunakan pelembab untuk menghindarkan kulit wajah dari paparan sinar matahari.

Selain itu, saat mencuci masker pastikan tak ada sisa detergen yang menempel. Hal itu penting dilakukan karena sisa detergen tersebut dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Artikel ini telah dibaca 656 kali

Baca Lainnya
X