4 Cara Mudah Lindungi Data Pribadi Akun Facebook Kamu

0
249

RariaMedia.com – Facebook merupakan salah satu media sosial terbesar dan populer di dunia. Terlepas dari popularitasnya, para pengguna harus selalu waspada melindungi data pribadi dan tidak menyerahkan sepenuhnya kepada layanan media sosial, termasuk Facebook.

Facebook mengklaim memahami semua orang perlu memiliki kendali penuh atas data pribadi mereka. Oleh sebab itu, media sosial terbesar ini menyediakan berbagai fitur sederhana yang memudahkan pengguna melindungi data pribadinya.

Berikut ini 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan data pribadi akun Facebook:

Baca juga:  10 Aktivitas Ini Dapat Membuat Hidup Lebih Bersemangat

1. Rutin memeriksa keamanan

Kamu dapat menggunakan fitur security checkup atau pemeriksaan keamanan untuk melakukan peninjauan dan menambah keamanan akun. Pemeriksaan keamanan akan membantu untuk:

a. Keluar dari akun Facebook di browser dan aplikasi yang sudah lama tidak digunakan. Hal ini mempermudah log out dari perangkat yang sudah lama tidak digunakan, sehingga kamu hanya akan log in Facebook di perangkat maupun browser yang telah disetujui.

b. Dapatkan notifikasi log in. Ketika kamu mengaktifkan fitur ini, Facebook akan mengirimkan notifikasi atau peringatan melalui email, jika ada seseorang yang mencoba masuk ke akun kamu dari komputer atau perangkat yang tidak dikenal.

c. Pelajari cara melindungi kata sandi kamu. Kekuatan kata sandi lebih penting dibanding seberapa sering kamu mengubahnya. Jangan gunakan kata sandi Facebook di situs online lain dan jangan pernah membagikan kata sandi kepada siapa pun.

Hindari penggunaan nama kamu atau kata-kata umum sebagai kata sandi. Kata sandi kamu harus sulit untuk ditebak. Klik di sini untuk mengakses pemeriksaan keamanan kamu.

 

2. Aktifkan fitur keamanan ekstra Facebook

Autentikasi dua faktor merupakan salah satu praktik terbaik industri dalam memberikan keamanan tambahan untuk akun Facebook pengguna. Fitur ini memberikan keamanan tambahan setiap kali mencoba masuk ke akun Facebook menggunakan perangkat baru. Facebook akan mengirimkan notifikasi atau email dengan kode khusus untuk menyelesaikan proses masuk ke Facebook.

Baca juga:  Mau Langsing? Yuk Coba 5 Jenis Makanan Ini!

Facebook pun telah memperbarui fitur autentikasi dua-faktor. “Ketika kamu mengaktifkan autentikasi dua faktor, kami akan memandu kamu untuk menjalani proses pengaktifan, menjelaskan cara kerjanya dan menawarkan pilihan untuk mendapatkan kode masuk, baik itu melalui pesan teks maupun aplikasi autentikasi seperti Google Authenticator atau Duo Mobile untuk mendapatkan kode masuk,” tulis Facebook dalam keterangannya.

Kamu dapat dengan mudah mengakses autentikasi dua faktor di bagian Keamanan dan masuk dalam Pengaturan.

 

3. Tinjau aplikasi yang terhubung dengan akun Facebook

Jika kamu pernah menggunakan pilihan “Masuk dengan Facebook” untuk menggunakan aplikasi lain, kamu harus secara berkala meninjau aplikasi yang telah terhubung. Cara ini dapat membantu memastikan bahwa kamu hanya menghubungkan akun Facebook ke aplikasi yang dipercaya dan gunakan secara rutin.

Kamu dapat mengunjungi halaman pengaturan Aplikasi dan Situs Web Facebook untuk meninjau semua aplikasi yang telah terhubung dengan akun. Kamu mungkin menemukan beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, maka dapat dengan mudah menghapus aplikasi ini.

Baca juga:  6 Cara Alami Untuk Halus dan Cerahkan Lutut Kaki

4. Cari tahu Log Aktivitas

Jika kamu khawatir mengunggah atau menyukai suatu konten secara tidak sengaja, maka Activity Log (Log Aktivitas) akan mengurangi beban kamu. Log Aktivitas akan menampilkan semua aktivitas yang dilakukan, dimulai dengan aktivitas terbaru.

Selain itu, Log Aktivitas juga akan menyimpan aktivitas Facebook berdasarkan waktu terjadinya peristiwa. Hal ini mencakup konten yang disukai, komentari, permintaan teman yang diterima.

Sebaiknya kamu meninjau Log Aktivitas secara teratur, sehingga bisa cepat mendeteksi kegiatan yang tergolong mencurigakan. Kamu dapat menemukan Log Aktivitas di pojok kanan bawah foto sampul di laman profil Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here