5 Jenis Makanan yang Efektif Kembalikan Energi Setelah Beraktivitas

0
431

RariaMedia.com – Memiliki jadwal keseharian yang padat tentunya akan berpengaruh pada gaya hidup, termasuk pola makan. Apalagi dengan tuntutan aktivitas yang harus ‘serba cepat’, pemilihan makanan pun akan semakin berantakan.

Mengonsumsi makanan yang tidak teratur sering dianggap sepele oleh kita, namun jika terus dibiarkan, akan menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah dan lesu. Tapi tidak perlu khawatir, mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu setelah beraktivitas ternyata sangat efektif dan manjur untuk mengembalikan tenaga dan energi yang terkuras.

Makanan apa sajakah itu? Kami punya rangkumannya untuk kamu

Baca juga:  Tak Usah Jauh-Jauh, Ini 7 Lokasi Wisata Hits di Banyuwangi yang Mirip Raja Ampat dan Bali

1. Susu cokelat

Meminum susu cokelat setelah beraktivitas dikenal mampu untuk meningkatkan kembali energi tubuh. Diperkaya dengan kandungan karbohidrat dan protein tinggi, minuman satu ini dapat membantu mempercepat proses peregangan otot yang tegang.

Bukan itu saja, kandungan air yang ada dalam susu cokelat juga dapat mencegah dehidrasi dengan cara menggantikan cairan yang hilang saat beraktivitas, menyediakan asupan kalsium, dan membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

 

2. Sereal gandum

Setelah beraktivitas berat, konsumsilah makanan yang tinggi akan protein, serat dan rendah gula. Sereal gandum tentunya menjadi makanan yang sempurna untuk mengisi kembali energi setelah beraktivitas.

Agar khasiatnya semakin terasa, kombinasikan sereal gandum dengan yoghurt atau susu rendah lemak, kacang-kacangan dan buah-buahan kaya serat seperti stroberi, pisang, atau mangga.

 

3. Buah-buahan


Buah-buahan yang mengandung sejumlah nutrisi seperti karbohidrat dan serat dapat memenuhi gizi harian tubuh. Selain itu, buah-buahan seperti pepaya, apel, blueberry, dan pir dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi, sehingga akan mempercepat pemulihan otot yang tegang saat bekerja.

Baca juga:  10 Aktivitas Ini Dapat Membuat Hidup Lebih Bersemangat

4. Telur


Telur dikenal memiliki kandungan protein yang melimpah, dengan mengonsumsinya dapat membantu mengembalikan kebugaran tubuh. Rasanya yang netral dan mudah dikreasikan, kamu bisa mengolah telur menjadi hidangan nikmat sesuai selera. Kombinasikan telur dengan alpukat, sayur dan buah-buahan berwarna terang seperti jeruk, pisang atau stroberi untuk menambah nutrisi dan gizi yang diperlukan tubuh.

 

5. Sandwich


Setelah lelah beraktivitas, makanlah sandwich gandum untuk meningkatkan stamina tubuh. Agar semakin sehat, kombinasikan roti gandum dengan dada ayam, bayam, tuna dan tomat. Tidak hanya nikmat dan mengenyangkan, bayam yang ada dalam sandwinch juga dapat membantu meringankan peradangan yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here