5 Makanan Buka Puasa yang Bernilai Ibadah

0
811

RariaMedia.com – Selama berpuasa di bulan Ramadan ini, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat, salah satunya dari sisi kesehatan. Selain dapat menjadi asupan energi untuk beraktifitas seharian, sahur dan berbuka puasa ternyata memiliki banyak manfaat lain yang tidak bisa dianggap sepele.

Misalnya saja, kita disarankan berbuka puasa didahului dengan minum atau makan makanan yang manis dan ringan. Makanan berbuka yang paling dikenal luas rasanya adalah buah kurma. Bahkan menyantap kurma merupakan bagian dari sunnah karena mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW.

Selain buah kurma, ternyata masih banyak makanan atau buah lainnya yang bernilai ibadah dan disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Berikut ini kami punya daftar 5 makanan untuk buka puasa yang bernilai ibadah.

 

1. Melon

5 Makanan Buka Puasa yang Bernilai Ibadah
Melon (style.tribunnews.com)

Selain memiliki rasa yang segar dan manis, tapi ternyata buah melon ini juga bernilai ibadah. Melon merupakan sumber serat dan air yang sangat baik, jumlahnya sampai dengan 90 persen dari total beratnya. Memakan buah melon termasuk saat berbuka puasa, bisa mengurangi masalah perut yang tidak nyaman.

 

2. Labu

5 Makanan Buka Puasa yang Bernilai Ibadah
Labu (khasiatsehat.com)

Selain kurma, labu juga dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Kandungan air yang ada di dalam labu sangat banyak dan dapat menjaga tubuh kita supaya tidak mengalami dehidrasi.

 

3. Pisang

5 Makanan Buka Puasa yang Bernilai Ibadah
Pisang (femina.co.id)

Enzim yang terkandung pada pisang mampu meningkatkan proses pencernaan, menambah energi, dan memperbaiki kerja usus. Bukan hanya menyehatkan, makan pisang ternyata juga bernilai ibadah saat dikonsumsi di bulan puasa Ramadan ini.

 

4. Kacang-Kacangan

5 Makanan Buka Puasa yang Bernilai Ibadah
Kacang merah (cookingasyik.com)

Kacang-kacangan juga dianjurkan untuk menjadi menu buka puasa karena mengandung kolesterol rendah dan baik bagi pencernaan. Selain itu, paduan serat dan karbohidrat kompleksnya, baik untuk dicerna perlahan-lahan oleh tubuh sehingga kamu tidak mudah merasa lapar selama berpuasa dan gula darah tetap stabil.

Baca juga:  3 Hal Ini Sebabkan Banyak Orang Jatuh Sakit Setelah Lebaran

 

5. Nasi Merah

Nasi Merah untuk Buka Puasa bernilai ibadah
Nasi Merah (sahabatnestle.co.id)

Nasi merah dipercaya memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang lebih rendah dibandingkan beras putih. Mengonsumsi nasi merah untuk berbuka puasa selama bulan Ramadhan ternyata juga sangat dianjurkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here