Fashion & Beauty Health

Minggu, 18 Oktober 2020 - 08:26 WIB

1 bulan yang lalu

logo

5 Makanan Ini Bisa Atasi Kulit Berminyak, Apa Saja?

Kulit berminyak dapat diatasi dengan berbagai macam cara, salah satunya mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. (Foto: tribunnews.com)

Kulit berminyak dapat diatasi dengan berbagai macam cara, salah satunya mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. (Foto: tribunnews.com)

RariaMedia.com – Kulit berminyak adalah musuh semua orang. Sebab, kulit berminyak selain menjadikan tampilan kulit yang terus mengkilap juga dapat menyebabkan banyak hal lain, mulai dari jerawat, komedo, hingga tampilan kulit kusam.

Kulit berminyak bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengomsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Baca juga:  Samarkan Kerutan di Sekitar Mata dengan 4 Bahan Alami Ini

Berikut ini kami rangkum lima makanan sehat dan bergizi yang dapat mengatasi kulit berminyak seperti dikutip dari berbagai sumber.

 

1. Pisang

Tips atasi kulit berminyak

Buah pisang (Foto: indonesiacare.co.id)

Pisang memiliki kandunhan vitamin D dan postasium yang baik untuk tubuh. Keduanya mampu membantu mengeluarkan racun dari tubuh yang berdampak baik bagi pencernaan dan kulit.

Mengonsumsi pisang secara rutin dapat membantu mengurangi potensi pori-pori terbuka lebar. Sehingga, kotoran dan debu tidak mudah masuk dan minyak di kulit pun dapat berkurang.

 

2. Gandum utuh

Makanan untuk atasi kulit berminyak

Manfaat gandum utuh (Foto: alodokter.com)

Gandum utuh seperti beras coklat dan oat memiliki serat yang tinggi dan mampu menjaga kesehatan kulit.

Serat tersebut dapat memperbaiki pencernaan serta bisa menyerap lemak berlebih. Sehingga, berat badan bisa turun dan kulit wajah pun bisa bebas minyak jika rutin mengonsumsi makanan ini.

 

3. Lemon

Buah atasi kukit berminyak

Buah lemon (Foto: newhope.com)

Lemon merupakan salah satu buah yang sering dipilih sebagian orang untuk mengatasi kulit berminyak. Sebab, buah yang satu ini mengandung banyak vitamin C dan antioksidan.

Lemon dapat menyerap minyak berlebih di wajah yang sekaligus memberikan kesan lembut dan kenyal. Kamu bisa menjadikan buah ini sebagai honey lemon shot dan mengonsumsinya setiap pagi. Kamu juga bisa menggunakan sisa perasan lemon untuk diusap ke wajah jika kulitmu tidak iritasi.

 

4. Air kelapa

Manfaat air kelapa

Manfaat air kelapa (Foto: detik.com)

Salah satu penyebab masalah kulit berminyak adalah kurangnya air atau dehidrasi. Untuk itu, kamu harus mengomsumsi air yang cukup agar minyak di wajah bisa berkurang.

Selain hanya sekedar air putih, kamu juga bisa mengonsumsi air kelapa secara rutin. Hal ini dikarenakan air kelapa kaya akan vitamin C yang baik untuk kulit. Selain itu, air kelapa ini juga bisa membantu mengurangi potensi wajah mengalami breakout dan pigmen wajah yang tidak rata.

Baca juga:  5 Tips Kurangi Porsi Makan Tanpa Kelaparan

5. Brokoli

Kulit berminyak

Sayur brokoli (Foto: kompas.com)

Makanan yang bisa kamu pilih selanjutnya untuk mengatasu kulit berminyak adalah brokoli. Sayuran yang satu ini memiliki banyak vitamin A dan C.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, brokoli ini pun dapat mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Jika mengonsumsi brokoli secara rutin, kulit wajah bisa menjadi lebih sehat dan juga ternutrisi dengan baik.

Artikel ini telah dibaca 962 kali

Baca Lainnya
X