5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa Agar Pencernaan Tidak Terganggu

0
1207

RariaMedia.com – Saat berpuasa, bagian pencernaan adalah organ tubuh yang paling sering merasakan gangguan.

Hal ini tentu membuat rasa tidak nyaman akan timbul saat kamu menjalani ibadah puasa.

Tanpa disadari ternyata makanan yang kamu konsumsi saat berbuka puasa sangat berpengaruh terhadap kondisi pencernaanmu di bulan Ramadhan.

Untuk menjaga kesehatan pencernaanmu, coba hindari 5 makanan ini, yuk.

 

1. Makanan terlalu manis

Mengkonsumsi makanan manis saat berpuasa memang dapat meningkatkan energi saat kamu beraktivitas. Bahkan, kita juga disunahkan berbuka puasa dengan yang manis-manis.

Namun, terlalu sering mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan saat berbuka puasa dapat menyebabkan tenggorokan tiba-tiba kering, menyebabkan haus, perut tidak nyaman, dan kembung.

 

2. Makanan tinggi lemak

Makanan dengan kadar lemak yang tinggi dapat menyebabkan organ pencernaan bekerja menjadi lebih berat sehingga memperlambat makanan untuk dicerna.

Hindarilah konsumsi kentang goreng dan kulit ayam goreng saat berbuka puasa agar hal tidak menyebabkan hal tersebut pada pencernaanmu.

 

3. Makanan pedas

Boleh-boleh saja memang menyantap makanan pedas saat berbuka puasa.

Namun, kamu harus memperhatikan jumlah yang telalu banyak karena hal ini dapat memicu asam lambung cepat naik dan dapat menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut.

 

4. Makanan terlalu asam

Mengonsumsi makanan yang terlalu asam dapat menyempitkan peredaran darah, menekan saraf-saraf dan dinding lambung.

Bahkan rasa asam yang berlebihan bisa membentuk lubang dan luka pada dinding usus atau lambung sehingga mempercepat munculnya penyakit asam lambung.

 

5. Mie instan

Mie instan juga menjadi salah satu makanan yang harus kamu hindari saat berbuka puasa.

Meski begitu kamu bisa mengawali dengan makanan yang kaya serat seperti sayuran dan busah saat benar-benar inging mengonsumsi mie instan di bulan puasa.

Baca juga:  Indonesia Sukses Raih Peringkat Pertama Wisata Halal Dunia 2019

 

Jadi, untuk menghindari risiko tersebut alangkah baiknya kita mencoba mengurangi 5 jenis makanan di atas ya, agar tetap fit selama menjalankan ibadah puasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here