Food & Travel Health

Rabu, 4 Maret 2020 - 05:15 WIB

3 bulan yang lalu

logo

5 Rempah-Rempah Ini Mampu Cegah Virus Corona, Apa Saja?

Beberapa rempah-rempah asal Indonesia dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan memcegah terinfeksi virus Corona.

Beberapa rempah-rempah asal Indonesia dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan memcegah terinfeksi virus Corona.

RariaMedia.com – Virus Corona (Covid-19) telah dikonfirmasi masuk ke Indonesia pada Senin (2/3/2020). Ini bermula dari temuan dua WNI di Depok, Jawa Barat, yang dinyatakan positif corona. Pemerintah pun menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari virus ini.

Dilansir dari WartaBromo, guru besar Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Profesor Chairul Anwar Nidom, mengungkapkan cara yang efektif untuk mencegah infeksi corona. Menurutnya, mengonsumsi rempah-rempah bisa mengendalikan dampak virus COVID-19.

Baca juga:  3 Minuman Sehat Untuk Temani Nonton Piala Dunia 2018

Rempah-rempah ini dapat dengan mudah ditemukan, karena biasa dipakai sebagai bumbu masak dan obat tradisional bagi warga Indonesia. Selain itu, rempah-rempah dipercaya mampu mencegah terjadinya banjir sitokin yang menyebabkan paru tak berfungsi.

Nah, berikut ini lima macam rempah-rempah yang dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah virus Corona.

 

1. Jahe

Cegah Corona

Jahe (halodoc.com)

Sejak lama, jahe telah digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Rempah bercita rasa pedas ini dikenal bisa menghangatkan badan, menangkal infeksi, hingga mencegah kanker. Di dalam jahe terkandung senyawa gingerol di dalam Jahe yang dipercaya ampuh mengatasi berbagai penyakit.

Selain itu, Jahe juga terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sifat antioksidannya juga mampu menghalau berbagai virus penyakit dan mencegah kerusakan sel.

 

2. Temulawak

Rempah-rempah

Temulawak (kumparan.com)

Temulawak terkenal dengan khasiatnya untuk menambah nafsu makan. Di samping itu, Temulawak juga ternyata berguna untuk menguatkan sistem imun tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Selain buahnya, daun temulawak juga kaya manfaat.

Ekstrak temulawak memiliki kandungan bersifat antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas. Antioksidan ini juga meningkatkan metabolisme dan mampu mengeluarkan racun-racun yang telah mengendap dalam tubuh.

 

3. Kunyit

Covid-19

Kunyit (jawapos.com

Kunyit adalah salah satu bumbu masakan yang sering digunakan masyarakat Indonesia. Selain menambah cita rasa masakan, kunyit juga memiliki banyak manfaat lain seperti untuk kesehatan bahkan kecantikan. Rempah beraroma khas ini dipercaya mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan otak.

Senyawa kurkumin dalam kunyit memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. Kunyit bisa meredakan peradangan, menghilangkan rasa sakit, hingga mencegah kanker.

 

4. Serai

Tips cegah virus corona

Serai (idntimes.com)

Serai juga merupakan salah satu rempah yang memiliki segudang manfaat. Aroma serai mampu membuat masakan semakin nikmat, menenangkan pikiran, bahkan mengusir nyamuk. Sifat diuretik serai juga mampu membuang racun dan bahan kimia yang tidak diperlukan tubuh.

Baca juga:  Ternyata, Inilah Bahaya di Balik Penggunaan Tusuk Gigi

Serai juga biasa digunakan untuk mengobati sakit seperti demam, pilek dan batuk, serta gangguan saluran pernapasan lainnya. Vitamin C dan flavonoid dalam serai juga melindungi tubuh dari radikal bebas.

 

5. Kayu Manis

Corona Indonesia

Kayu manis (hellosehat.com)

Rempah yang mampu menambah kelezatan makanan dan minuman ini juga ternyata dipercaya ampuh mencegah virus Corona. Selain rasanya, kayu manis juga bisa dimanfaatkan kandungannya sebagai obat diabetes. Aroma kayu manis juga mampu hilangkan bau mulut.

Rempah-rempah yang satu ini juga memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Sehingga kayu manis bisa membantu melawan peradangan bahkan menurunkan kolesterol.

Artikel ini telah dibaca 1410 kali

Baca Lainnya
X