6 Cara Agar Berat Badan Tidak Naik Setelah Lebaran

0
658

RariaMedia.com – Setelah satu bulan lamanya berpuasa, pola makan kebanyakan orang akan kembali lagi seperti sebelumnya, makan tiga kali sehari dan mengasup makanan lainnya.

Bahkan, tak sedikit yang seperti “balas dendam”, makan dalam porsi banyak.

Memang hal ini terkadang akan sulit utuk dihindari, rasanya cukup sulit menahan diri untuk tidak makan banyak setelah puasa usai.

Apalagi, setelah Ramadhan, masuk pada perayaan Idul Fitri yang identik dengan beragam sajian istimewa. Makanan spesial, yang diolah dengan santan, daging, dan lain sebagainya.

Menahan makan pun menjadi tantangan yang lebih berat. Namun, ada beragam cara yang bisa dilakukan agar setelah puasa dan Idul Fitri, timbangan tidak terus bergeser ke kanan alias bertambah.

Berikut ini kami punya tips yang bisa dilakukan agar berat badan kamu tidak bertambah setelah lebaran.

 

1. Berhenti makan sebelum kenyang

Jangan membuat perut kamu terlalu penuh, ini akan membuatmu menjadi malas bergerak. Makanlah secara perlahan untuk membantu  mengenali rasa kenyang lebih baik, sehingga kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori.

 

2. Jaga porsi makan

Janganlah makan terlalu berlebihan, kamu bisa makan menggunakan piring kecil agar porsi makan bisa dibatasi.

 

3. Perhatikan jenis makanan

Seimbangkan jenis makanan yang kamu makan, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak. Jangan lupa makan buah dan sayur juga ya.

 

4. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan berat badan meningkat, karena kurang tidur dapat meningkatkan hormon yang menimbulkan rasa lapar dan akhirnya menyebabkan asupan kalori lebih tinggi.

 

5. Kendalikan kadar stres

Orang yang sedang stres memiliki kadar kortisol tinggi. Kadar kortisol kronis dapat menyebabkan berat badan naik karena asupan makanan lebih besar.

Baca juga:  3 Minuman Sehat Untuk Temani Nonton Piala Dunia 2018

Kamu bisa melakukan beberapa kegiatan yang dapat mengurangi rasa stres, seperti meditasi, yoga, olahraga, dan pernapasan dalam.

 

6. Tetap bergerak

Melakukan aktivitas atau olahraga dpaat mengimbangi kalori yang masuk ke dalam tubuh kamu, sehingga berat badan bisa dikendalikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here