Food & Travel

Minggu, 5 Juli 2020 - 07:00 WIB

5 bulan yang lalu

logo

7 Nama Tempat Wisata Terunik di Indonesia, Apa Saja?

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang memanjakan mata dengan suguhan keindahannya. Beberapa tempat wisata tersebut ternyata memiliki nama yang unik bahkan nyeleneh. (Foto: instagram.com/sisilswan)

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang memanjakan mata dengan suguhan keindahannya. Beberapa tempat wisata tersebut ternyata memiliki nama yang unik bahkan nyeleneh. (Foto: instagram.com/sisilswan)

RariaMedia.com – Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang dapat memanjakan mata dengan berbagai keindahannya. Tak sedikit pula tempat wisata yang memiliki nilai filosofis dan historis yang berbeda-beda.

Dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di Indonesia, ternyata ada beberapa tempat wisata yang memiliki nama unik, bahkan bisa dibilang nyeleneh. Hal itu pula yang membuat para wisatawan penasaran dengan destinasi-destinasi wisata tersebut.

Baca juga:  Hujan Turun, Hotel Ini Berikan Penginapan Gratis

Berikut ini kami rangkum tujuh tempat wisata di Indonesia yang memilki nama terunik. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya!

 

1. Bukit Bego

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Sisil nswan (@sisilswan) on

Bukit yang terletak di Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul ini memiliki nama yang cukup ambigu. Sebab, kata ‘bego’ merujuk kata yang kurang sopan yakni bodoh. Namun, ternyata yang dimaksud bukanlah demikian.

Bukit Bego merupakan bukit batu yang namanya diambil dari sebuah alat berat atau ekskavator (yang biasa disebut oleh masyarakat setemoat dengan nama Bego). Bukit ini menjadi buruan para wisatawan yang ingin menikmati sunrise maupun sunset.

Ketika mengunjungi tempat ini, kamu akan melihat suguhan pemandangan berupa pepohonan yang menghijau dan membuat suasana sekeliling menjadi syahdu. Jika beruntung, kamu juga akan bertemu dengan pengendara motor yang berlatih di dekat bukit ini, khususnya Motor Cross.

 

2. Candi Asu

Candi Asu

Candi Asu di Magelang. (Foto: flic.kr/p/YpyvsY)

Candi yang terletak di Desa Candi Pos, Kecamatan Dukun, Magelang ini memilki nama yang unik. Dikutip dari berbagai sumber, ada dua kisah yang melatarbelakangi penamaan tersebut.

Versi pertama, nama ini diambil karena kabarnya di tengah candi tersebut terdapat sumur yang berbentuk anjing atau dalam bahasa Jawa disebut asu. Di versi lain, kata ‘asu’ ini merujuk kepada kata ‘ngaso’ yang berarti istirahat. Hal itu berdasarkan cerita rakyat yang beredar, di mana Prabu Hayuwangi datang ke candi ini untuk beristirahat hingga akhir hayatnya.

Oleh sebab itu, Candi Asu ini menjadi makam dari sang Prabu. Terlepas dari kedua versi asal mula nama candi tersebut, berkat namanya yang unik, Candi Asu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

 

3. Gua Pocong

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ilham Hidayat (@ilhamuda) on

Mendengar nama gua yang satu ini pasti langsung menimbulkan kesan menyeramkan. Padahal, gua yang terletak di daerah Klapanunggal, Jawa Barat ini tidak menyeramkan, loh.

Pemberian namanya sendiri diambil karena di dalam gua ini terdapat stalaktit dan stalakmit yang seakan membentuk bayangan seperti pocong.

 

4. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo. (Foto: tripadvisor.com)

Air terjun yang terletak di daerah Pasuruan, Jawa Timur ini juga memiliki nama yang unik. Nama tersebut di ambil dari cerita yang beredar di masyarakat bahwa dahulu ada seorang kakek yang rela meninggalkan segala urusan duniawinya untuk bersemedi di air terjun ini.

Dengan ketinggian 850 meter, Air Terjun Kakek Bodo ini menyajikan pemandangan yang indah. Selain itu, tepat di bawah air terjun ini juga terdapat sebuah kolam alami yang bisa dimanfaatkan untuk berenang atau berfoto.

 

5. Air Terjun Siluman

View this post on Instagram

A post shared by WPM – Warta Punya Medan (@wartapunyamedan) on

Selain Air Terjun Kakek Bodo di Pasuruan, ternyata ada lagi destinasi wisata air terjun lain yang memiliki nama unik. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Siluman.

Air terjun yang terletak di Medan, Sumatera Utara ini memiliki arus air yang menurut masyarakat setempat kadang muncul dan juga bisa saja menghilang. Hal itulah yang membuat air terjun ini diberi nama Air Terjun Siluman.

 

6. Green Kenyot

Green Kenyot

Green Kenyot. (Foto: tourbandung.id)

Mendengar namanya, sekilas mirip dengan nama sebuah ngarai indah yang ada di Amerika Serikat, yakni Grand Canyon. Meskipun namanya terdengar seperti plesetan dari Grand Canyon, destinasi wisata yang terletak di Bandung ini memiliki pemandangan yang tak kalah indah.

Green Kenyot memiliki pemandangan tebing-tebing yang menjulang tinggi dibelah oleh aliran sungai jernih berwarna kebiruan. Selain itu, terdapat pula tiga mata air unik yang konon katanya memiliki rasa yang berbeda-beda.

Keindahan itulah yang membuat destinasi wisata ini sering juga disebut-sebut sebagai Grand Canyon-nya Bandung.

Baca juga:  Lawan Vietnam di Laga Final Sea Games 2019, Timnas U-23 Kalah 3 Gol Tanpa Balas

7. Pantai Kutang

View this post on Instagram

A post shared by Hana Ayu Afifah (@hanaayu04) on

Mendengar namanya saja sudah membuat kita terpikir dengan hal yang cukup vulgar karena berkaitan dengan pakaian dalam. Asal mula penamaan Pantai Kutang ini juga cukup nyeleneh, loh.

Menurut masyarakat setempat, sebelum tempat ini menjadi destinasi wisata, banyak sekali ditemukan kutang yang berserakan hingga membuat pantai yang terletak di Lamongan, Jawa Timur ini terlihat kumuh dan kotor.

Hal itu membuat masyarakat yang tinggal di sekitarnya berinisiatif untuk membersihkan pantai dari kutang-kutang dan sampah yang berserakan. Oleh sebab itu, pantai ini dinamakan dengan Pantai Kutang.

Avatar

Writer

Artikel ini telah dibaca 1140 kali

Baca Lainnya
X