9 Bahan Makanan Ini Seharusnya Tidak Disimpan di Dalam Kulkas

5
1147

RariaMedia.com – Kulkas atau lemari pendingin menjadi teknologi solutif yang bisa membuat makanan menjadi lebih tahan lama. Kulkas mampu membuat bakteri pada makanan pingsan sejenak sehingga membuatnya tahan lama.

Ingin semua bahan makanan lebih tahan lama, lantas membuat kamu memasukkan semua hal ke dalam kulkas. Padahal, tidak semua makanan harus disimpan di dalam kulkas. Karena bisa merusak tekstur, rasa, kandungan yang ada, dan pastinya akan memenuhi ruang pada kulkas.

Berikut ini bahan-bahan makanan yang seharusnya tidak disimpan di dalam kulkas, dilansir dari Purewow pada Jumat (15/6/2018):

 

1. Melon

Melon
Melon seharusnya tidak disimpan di dalam kulkas (style.tribunnews.com)

Melon yang belum dipotong tentu akan memiliki kulit yang kasar. Melon seharusnya tetap berada di suhu ruangan hingga benar-benar matang dan manis. Dengan diletakkan di lemari es, melon tidak akan kunjung matang dan tidak akan manis.

 

2. Basil

Basil
Basil seharusnya tidak disimpan di dalam kulkas (aryanto.id)

Tidak seperti sayuran lainnya, basil pada suhu dingin akan menyerap bau makanan lainnya. Sebaliknya, jika diletakkan di meja dalam cangkir air, basil akan tumbuh menjadi tanaman yang segar seperti bunga.

 

3. Bawang merah

Bawang merah
Bawang merah seharusnya tidak disimpan di dalam kulkas (alodokter.com)

Jangan pernah simpan bawang merah di dalam kulkas. Di dalam kulkas, bawang merah tentu menjadi lebih lembap dan lembek. Hal ini akan membuat bagian bawah rak kamu menjadi kotor dan berair.

 

4. Mentega

Mentega
Mentega seharusnya tidak disimpan di dalam kulkas (jajananpinggiran.blogspot.com)

Mentega memang mengandung susu yang seharusnya disimpan di dalam kulkas. Di dalam kulkas, memang akan memiliki risiko lebih rendah untuk terkontaminasi dengan udara. Namun sebenarnya mentega tidak perlu disimpan di dalam kulkas. Cukup diletakkan di dalam kedap udara dengan suhu dapur tetap berada di bawah 21 derajat Celcius.

 

5. Madu

Madu seharusnya tidak disimpan di kulkas (gaya.tempo.co)

Menyimpan madu dalam kulkas akan membuatnya menjadi kristal. Jika sudah terbentuk menjadi kristal akan menjadi lebih sulit untuk dikonsumsi dan rasanya akan berubah.

Baca juga:  Ramaikan Pemilu 2019, Ini Daftar 250 Gerai yang Beri Diskon 50 Persen

 

6. Kopi

Kopi
Kopi seharusnya tidak disimpan di dalam kulkas (hellosehat.com)

Kopi dikenal sebagai bahan yang mampu menyerap bau. Untuk itu jangan letakkan kopi di dalam kulkas karena akan menyerap bau dalam kulkas. Kecuali jika kamu memang menggunakan kopi untuk membersihkan bau dalam kulkas. Simpan kopi dalam toples kecil di dapur.

 

7. Kentang

Kentang seharusnya tidak disimpan di dalam kulkas (harianhaluan.com)

Pendinginan akan membuat pati dalam kentang berubah menjadi gula. Yang berarti teksturnya akan menjadi kasar dan rasanya menjadi manis. Sebaiknya, simpan di dalam kantong kertas di tempat yang sejuk dan gelap untuk menjaga tekstur kentang.

 

8. Roti

Roti seharusnya tidak disimpan di dalam kulkas (article.id)

Roti biasanya hanya bertahan tiga hingga empat hari. Untuk memperpanjang usia roti agar tidak berjamur, kamu memang bisa menyimpannya di dalam kulkas. Namun jangan terlalu lama. Simpan makanan maksimal satu minggu di dalam kotak roti.

 

9. Tomat

Tomat seharusnya tidak disimpan di dalam kulkas (familinia.com)

Tomat lebih baik di simpan pada suhu kamar. Jika kamu khawatir tomat menjadi lunak, kamu bisa mendinginkannya. Namun lebih baik gunakan tomat segera agar kandungannya tidak rusak.

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here