9 Tanda Tingkat Stres Sudah di Luar Kendali

0
407

RariaMedia.com – Stres merupakan suatu kondisi yang tak terhindarkan dari kehidupan semua orang dan kemungkinan besar kamu juga pernah mengalaminya. Stres biasanya terjadi ketika kamu akan mengalami hal-hal yang besar dan baru.

Namun, bagaimana jika tingkat stres ini terus saja meningkat? Dilansir dari thelist.com, Senin (11/6/2018), berikut ini adalah beberapa tanda bahwa tingkat stres kamu sudah di luar kendali, sebaiknya kamu berhati-hati.

 

1. Menggertakkan gigi

Menurut sebuah penelitian, kemungkinan seseorang menggertakkan giginya berkaitan dengan hal-hal seperti stabilitas emosi dan stres. Biasanya hal ini terjadi ketika tidur.

Jika kamu masih tidak yakin, coba rasakan di pagi hari. Apakah kamu sering terbangun dengan sakit kepala, sakit telinga, atau nyeri rahang?

 

2. Terus berhalusinasi ketika mendengar sesuatu

Berhalusinasi mendengar sesuatu terus menerus memang sangat menakutkan. Meskipun tidak ada rasa sakit fisik yang dihasilkannya, namun kamu mengalami kekhawatiran yang meningkat.

Menurut penelitian, halusinasi ini terkait dengan tingkat stres dan kecemasan yang tinggi. Banyak orang melaporkan bahwa mereka mengalami tekanan emosional dan stres, sebelum berhalusinasi.

Baca juga:  4 Tips Mudah Siapkan Makanan Sehat Selama Bulan Ramadhan

3. Makan berlebihan dan berat badan yang naik

Stres juga memiliki hubungan aneh dengan kebiasaan makan. Stres jangka pendek biasanya akan mematikan keinginan untuk makan karena pelepasan hormon yang disebut corticotropin.

Namun, jika kamu terus menerus stres, maka tubuh akan bereaksi sebaliknya, yaitu dengan melepaskan kortisol yang memotivasi kamu untuk terus makan. Kortisol ini akan mendorong Anda untuk terus mengonsumsi makanan tinggi kandungan lemak dan gula.

 

4. Tiba-tiba menjadi ceroboh

Kecerobohan bisa dimulai dengan hal-hal kecil, seperti menjatuhkan minuman kopi atau teh. Stres membuat kamu tidak dapat berkonsentrasi dengan baik terhadap apa yang terjadi di sekitar.

Stres akut juga dapat menyebabkan kehilangan penglihatan terhadap beberapa hal dan mengubah otot.

 

5. Sering mengalami mimpi buruk

Mimpi buruk dapat dianggap sebagai perpanjangan pikiran kamu saat masih bangun atau sebelum tidur. Seseorang yang terus menerus mengalami mimpi buruk cenderung akan merasakan kecemasan yang tinggi saat bangun.

 

6. Kesulitan belajar sesuatu yang baru

Para peneliti menemukan bahwa stres akut dapat melepaskan molekul yang disebut corticotropin yang bisa mengganggu proses belajar.

Ketika corticotropin dilepaskan akan mengganggu kemampuan sinapsis untuk berkomunikasi dan mengumpulkan ingatan. Molekul stres sebenarnya menghancurkan struktur yang memungkinkan kamu untuk belajar hal-hal baru.

Baca juga:  Inilah 7 Cara Mendapatkan Tidur yang Bekualitas

7. Alergi yang semakin parah

Para peneliti mengungkapkan bahwa reaksi alergi akan lebih buruk ketika kamu mengalami peningkatan stres. Protein terkain dengan salah satu respon umum tubuh terhadap alergi, seperti peradangan.

 

8. Banyak mendesah

Para peneliti menemukan ada hubungan antara keadaan emosional seperti stres dengan seringnya seseorang mendesah. Mendesah dikaitkan dengan pelepasan neuropeptida otak yang memicu pelepasan emosional, namun juga menyebabkan gangguan pernapasan.

 

9. Mengalami banyak masalah kulit

Ketika kamu stres, biasanya akan mengalami masalah pada kulit.  Hormon dan zat yang dikeluarkan tubuh ketika stres akan mempengaruhi kulit dalam banyak cara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here