Techno & Science

Sabtu, 19 Desember 2020 - 10:00 WIB

5 bulan yang lalu

logo

Aturan Baru Google, Data Milik Akun yang Tak Aktif Akan Dihapus

Google merilis aturan baru yang berisi ketentuan penghapusan data-data milik akun yang tercatat tidak aktif selama jangka waktu tertentu. (Foto: unsplash.com)

Google merilis aturan baru yang berisi ketentuan penghapusan data-data milik akun yang tercatat tidak aktif selama jangka waktu tertentu. (Foto: unsplash.com)

RariaMedia.com – Google baru saja merilis aturan baru mengenai penggunaan layanan yang mereka sediakan. Dalam aturan baru tersebut, Google akan menghapus data dari akun yang diketahui tidak aktif.

Seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat (18/12/2020), peraturan tersebut diketahui dari laman Google Help beberapa waktu lalu. Akun yang tercatat tidak aktif selama dua tahun akan dihapus data-datanya oleh Google.

Baca juga:  XL Mulai Matikan Sinyal 2G Secara Perlahan

Menurut Google, langkah ini diambil untuk membersihkan kapasitas penyimpanan mereka sehingga dapat meningkatkan pelayanan. Penghapusan data ini meliputi beberapa layanan seperti Drive, Docs, Sheets, Slides, Gmail, Photos, dan beberapa layanan lainnya.

Aturan baru tersebut mulai diterapkan pada 1 Juni 2021 mendatang.  Namun, proses penghapusannya sendiri baru akan dilakukan mulai 1 Juni 2023.

Baca juga:  Pengguna Bulanan Turun, Nilai Saham Twitter Anjlok

Dengan demikian, para pengguna Google harus menjaga akunnya tetap aktif agar data-datanya tidak dihapus oleh sistem.

Namun, peraturan ini tidak berlaku untuk beberapa jenis pengguna. Pemilik akun Google One, Google Workspace, GSuite for Education, dan GSuite for non-profits tidak mengalami perubahan aturan baru ini.

Artikel ini telah dibaca 1274 kali

Baca Lainnya
X