Audisi PB Djarum Dihentikan, Menpora Surati KPAI

0
820
Menpora Surati Djarum

RariaMedia.com – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melayangkan surat ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terkait polemik penghentian audisi bulu tangkis PB Djarum pada 2020 mendatang.

Surat bernomor S.8.30.1/MENPORA/SET.BII/VIII/2019 merupakan tanggapan atas surat KPAI yang sebelumnya telah dilayangkan pada 29 Juli 2019 tentang permohonan pemberhentian audisi Djarum Foundation.

Baca juga:  Lewat Adu Penalti, Rusia Sukses Singkirkan Spanyol dari Piala Dunia 2018

1. Dugaan KPAI Kurang Tepat

Dalam surat tersebut, Imam Nahrawi menghormati tugas KPAI sebagai bentuk kewenangan atributif. Namun, ia menilai tuduhan bahwa terdapat eksploitasi anak pada audisi PB Djarum tidaklah tepat.

“Sampai saat ini Kementerian Pemuda dan Olahraga tidak melihat terpenuhinya unsur kegiatan yang dapat dikualifikasikan sebagai tindakan dimaksud sebagaimana diatur dalam batang tubuh maupun dalam penjelasan ketentuan Pasal 13 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak,” tulis Imam dalam salinan surat tersebut.

 

2. Beasiswa Djarum merupakan alternatif pendanaan APBD APBN terbatas

Djarum Foundation
Djarum Foundation (mediaharapan.com)

Imam Nahrawi mengungkapkan Djarum Foundation telah membantu keterbatasan APBN dan APBD dalam mendanai olahraga.

“Ini merupakan alternatif pendanaan yang berkecukupan dan berkelanjutan sehingga sangat disayangkan apabila dihentikan dengan dugaan yang tidak benar,” tegasnya.

 

3. Imam Nahrawi Bandingkan Logo Merek Dagang dan Djarum Foundation

Dalam poin ke tiga, Imam Nahrawi juga membandingkan perbedaan logo produk merek dagangnya dan Djarum Foundation.

Imam Nahrawi memaparkan, berdasarkan pencermatan, Djarum Foundation yang merupakan pengelola dana CSR PT. Djarum telah melaksanakan ketentuan Pasal 27 huruf h dan huruf I. Pasal 28 huruf d, dan pasal 37 Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat aditif berupa produk.

Baca juga:  Apakah Simic Bisa Tampil dalam Pertandingan Menghadapi Persib Bandung?

Logo produk tembakau termasuk brand image produk tembakau, dan tidak bertujuan mempromosikan produk tembakau.

 

4. Djarum Foundation Cetak Atlet Berprestasi

Djarum vs KPAI
Salah satu atlet berprestasi jebolan Djarum (bolasport.com)

“Seluruh kegiatan Djarum Foundation khususnya beasiswa bulu tangkis telah berhasil mencetak atlet badminton kelas dunia yang telah mengharumkan bangsa Indonesia pada kejuaraan Internasional,” terangnya.

Kementerian Pemuda dan Olahraga mengharapkan dukungan KPAI untuk bersama-sama menggalakkan penggalangan partisipasi masyarakat untuk menambah alternatif sumber pendanaan olahraga guna mendorong lahirnya atlet potensial di berbagai cabang olahraga yang diharapkan dapat mengharumkan nama Bangsa Indonesia pada berbagai kejuaraan olahraga internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here