BNI Siapkan Dana Rp 1,6 Triliun Untuk Jalan Tol Ruas Manado-Bitung

0

RariaMedia.com – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) turut membiayai Proyek Jalan Tol Ruas Manado – Bitung yang hak pengelolaannya dipegang oleh PT Jasamarga Manado Bitung (JMB).

Dukungan BNI terhadap proyek pembangunan jalan tol pertama di Provinsi Sulawesi Utara sepanjang 39,9 km ini yaitu dengan memberikan tambahan fasilitas Kredit Modal Kerja (KMK) Dana Talangan Tanah (DTT) sebesar maksimum Rp 623,56 miliar.

Baca juga:  Melemahnya Mata Uang Tiongkok Terus Dipantau AS

Penandatanganan kerja sama antara BNI dan PT JMB mengenai Perjanjian Kredit Tambahan untuk fasilitas KMK DTT yang dilaksanakan di Jakarta, Selasa (17/7).

Fasilitas KMK DTT ini juga diberikan oleh anak perusahaan BNI yaitu BNI Syariah. Sedangkan fasilitas kredit investasi yang diberikan merupakan hasil sindikasi dari BNI, BCA, Bank Mandiri, PT Sarana Multi Infrastuktur, BPD Sulselbar, ICBC Indonesia, BPD Riau, dan juga Bank Jateng.

Selain KMK DTT, BNI juga turut dalam pembiayaan sindikasi kredit investasi yakni sebesar Rp 652 miliar atau setara 18,2 persen dari porsi sindikasi perbankan yang mencapai Rp 3,59 triliun. Ruas tol Manado-Bitung ini memiliki masa konsesi selama 40 tahun.

Baca juga:  Dana Sebesar Rp 4,5 Triliun Disiapkan BCA Untuk Akuisisi Bank Kecil

General Manager Divisi BUMN & Institusi Pemerintah (BIN) BNI A.A.G. Agung Dharmawan menuturkan bahwa BNI menambahkan Fasilitas KMK DTT untuk proyek tersebut sebesar Rp 623 miliar, sehingga angka keseluruhannya menjadi sebesar Rp 992 miliar.

Apabila ditambahkan dengan fasilitas KI dari BNI, PT JMB mendapatkan total fasilitas sebesar Rp 1,6 triliun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here