Menu

Mode Gelap
 

Life · 18 Sep 2021 10:18 WIB

Bukan Hanya Skincare, 4 Tipe Self Care Ini Juga Tak Kalah Penting!


 Selain skincare, terdapat beberapa tipe self care yang ternyata wajib untuk kita lakukan demi menjaga kesehatan fisik dan mental. (Foto: Pexels.com) Perbesar

Selain skincare, terdapat beberapa tipe self care yang ternyata wajib untuk kita lakukan demi menjaga kesehatan fisik dan mental. (Foto: Pexels.com)

RariaMedia.com – Saat mendengar kata self care, orang-orang cenderung akan mengaitkannya dengan aktivitas merawat kesehatan kulit atau skincare. Padahal tidak hanya itu, self care sendiri merupakan aktivitas merawat diri yang bertujuan untuk menjaga sekaligus meningkatkan energi dalam tubuh.

Melakukan self care menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalmu. Self care seharusnya tidak menjadi kegiatan yang dilakukan saat senggang saja, melainkan perlu menjadi prioritas. Lalu apa saja tipe self care yang bisa kita lakukan? Yuk simak penjelasannya!

Baca juga:  4 Tips Mudah Siapkan Makanan Sehat Selama Bulan Ramadhan

1. Emotional Self Care

Self Care Meditasi

Salah satu kegiatan emotional self care yang bisa dilakukan adalah meditasi. (Foto: Pexels.com)

Berinteraksi dengan banyak orang terkadang cukup menguras energi dan emosi kita. Tak jarang pula kita menemui kejadian-kejadian yang mengguncang mental.

Hal itu membuat kita perlu melakukan emotional self care. Beberapa kegiatan yang masuk dalam tipe ini yaitu meditasi, memaafkan masa lalu dan melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat menaikkan mood-mu.

 

2. Physical Self Care

Physical Self Care

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan salah satu aktivitas self care yang penting. (Foto: Pexels.com)

Tipe self care yang satu ini fokus pada aktivitas-aktivitas yang mempengaruhi kebugaran fisikmu. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan antara lain melakukan olahraga rutin, makan makanan sehat dan tidur cukup.

Tipe ini penting dilakukan agar kondisi fisik kita terjaga dengan baik. Sebab, kondisi fisik ini akan sangat berpengaruh pada aktivitas dan kehidupanmu.

 

3. Space Self Care

Space Self Care

Tipe self care yang penting untuk dilakukan selanjutnya adalah space self care. (Foto: Pexels.com)

Menata dan membersihkan ruanganmu sedemikian rupa menjadi salah satu bentuk self care yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu tetap nyaman dan produktif.

Tidak sebatas ruangan yang ada di depan matamu, kamu juga perlu membersihkan “ruangan digital” di dalam gawai dan laptopmu, seperti dengan menghapus aplikasi, file download, dan foto-foto yang sudah tidak diperlukan.

Baca juga:  Fakta Unik White Noise yang Mampu Atasi Kesulitan Tidur

4. Financial Self Care

Financial Self Care

Keuangan merupakan hal penting untuk dikelola dengan baik. (Foto: Pexels.com)

Manajemen keuangan merupakan salah satu bentuk self care yang vital. Sebagaimana yang kita tahu, uang adalah salah satu sumber kebahagiaan sekaligus juga sumber kesengsaraan apabila gagal mengelolanya dengan cermat.

Kamu dapat melakukan financial self care dengan berusaha membelanjakan uang seperlunya, menyisihkan uang untuk berdonasi, melakukan investasi untuk masa depan, tidak terlambat membayar tagihan, dan rajin melakukan financial check-up.

Artikel ini telah dibaca 45 kali

Read More

Mengenal Frugal Living, Gaya Hidup yang Bisa Bikin Tajir Melintir

25 Oktober 2021 - 08:00 WIB

Frugal Living

Kenali Dopamine Detox, Langkah Positif untuk Menjaga Produktivitas

14 Oktober 2021 - 08:00 WIB

Dopamine Detox

Lagu “Dinda Jangan Marah-Marah” Viral, Berikut 3 Hal yang Bisa Bikin Cewekmu Marah!

24 September 2021 - 07:00 WIB

Cewek Marah

Selain Menyehatkan Tubuh, Ini Manfaat Lain Kombucha untuk Kulitmu!

4 September 2021 - 08:00 WIB

Manfaat Kombucha

Drama “Nevertheless” Tamat, 3 Perilaku Toxic Ini Perlu Diwaspadai!

22 Agustus 2021 - 19:43 WIB

Nevertheless Toxic

Bisa Bikin Risih, Ini 4 Tanda Chatting Kamu ke Gebetan Berlebihan

27 Mei 2021 - 11:18 WIB

Chatting Gebetan
X