Bukan Indonesia, Ini Negara di Asia Tenggara dengan Hari Libur Terbanyak di 2019

0
925
Hari libur 2019

RariaMedia.com – Tahun baru akan segera tiba, apakah kamu sudah melihat kalender 2019 mendatang? Sudah tahukah berapa banyak hari libir yang kamu dapat?

Di tahun 2019 nanti, penduduk Indonesia akan mendapat 20 hari libur nasional. Tentu, sebagai pekerja atau pelajar, momen hari libur menjadi salah satu hal yang paling dinanti.

Baca juga:  Ini Bukti Bahwa Karakter yang Tewas Akan Dihidupkan Lagi di Avengers 4

Selain Indonesia yang punya 20 hari libur, rupanya negara-negara tetangga kita di Asia Tenggara juga memiliki hari libur yang beragam juga, lho.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini 7 deretan negara di Asia Tenggara yang memiliki hari libur terbanyak dihitung dari yang paling sedikit ke yang terbanyak.

 

1. Brunei Darussalam – 19 Hari

Hari Libur 2019
Brunei Darussalam (cnbcindonesia.com)

Deretan ketujuh dipegang oleh Brunei Darussalam, yang memiliki 19 hari libur nasional untuk 2019. Petro Dollar membebaskan rakyatnya untuk memanfaatkan waktu libur yang diberikan, mulai dari pelesiran atau sekadar istirahat sejenak di rumah.

Sementara itu, libur nasional terlama untuk negara ini adalah sebanyak empat hari. Adapun hari libur itu jatuh pada 5 hingga 8 Juni selama perayaan Hari Raya Idul Fitri.

 

2. Indonesia – 20 Hari

Hari Libur 2019
Indonesia (liburmulu.com)

Dilansir dari Good News from Southeast Asia, Indonesia memiliki 20 hari libur nasional untuk 2019 mendatang. Sementara menurut akun resmi Instagram, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (@kemenko_pmk) tahun depan Indonesia punya 19 hari libur nasional. Namun, ada 1 jadwal long weekend yang mungkin bisa menambah liburanmu.

Walau jumlahnya berbeda satu hari, yang terpenting kamu bisa memanfaatkannya untuk berkunjung sebentar ke berbagai tempat. Kamu bisa menikmati cantiknya berbagai pantai yang ada atau mendaki gunung untuk melepas penat sesaat.

 

3. Filipina – 21 Hari

Hari Libur 2019
Filipina (detik.com)

Tak jauh berbeda dari Indonesia, ada Filipina yang memiliki 21 hari libur nasional. Dikarenakan penduduk negaranya mayoritas beragama Kristen, hari libur yang ada pun didominasi dari hari keagamaan.

Berbeda dari negara lain, negara dengan julukan Lumbung Padi ASEAN ini menjadi satu-satunya negara yang memiliki hari libur untuk Kamis Putih. Hal ini dikarenakan Kamis Putih dianggap sakral dan jatuh menjelang Paskah.

 

4. Myanmar – 25 Hari

Hari Libur 2019
Myanmar (kompas.com)

Di posisi selanjutnya, ada Myanmar yang punya empat hari libur lebih banyak dari Filipina. Tentu, 25 hari libur nasional itu bisa dimanfaatkan oleh penduduknya untuk sekadar istirahat di rumah atau pergi ke suatu destinasi wisata.

Baca juga:  Menikmati Sensasi Wisata Ala Eropa di Kota Bogor

Selain Filipina, Tanah Emas juga punya hari libur yang unik. Myanmar memiliki 5 hari libur nasional yang didedikasikan untuk merayakan bulan purnama, yakni Tabaung, Kasong, Waso, Thadingyut, dan Tazaungmone.

 

5. Thailand – 26 Hari

Hari Libur 2019
Thailand (Photo Stock)

Peringkat tiga diraih oleh Thailand yang menyumbangkan 26 hari libur nasional untuk rakyatanya. Sebenarnya, secara teknis Negeri Gajah Putih itu hanya mamiliki 20 hari libur nasional. Namun, enam hari lainnya ‘diberikan’ untuk provinsi-provinsi tertentu saja.

 

6. Kamboja – 31 Hari

Hari libur 2019
Kamboja (cbstravelasia.com)

Di peringkat kedua, ada Kamboja dengan 31 hari liburny. Sama seperti tetangganya, yakni Thailand, Laos, Myanmar, Vietnam, Kamboja juga merayakan Tahun Baru antara 14 hingga 17 April.

Negara beribu kota Phnom Penh ini menjadi satu-satunya negara yang menjadikan Hari Anak sebagai hari libur nasional. Selain itu, rupanya Hari Hak Asasi Manusia juga dijadikan hari libur nasional untuk 2019 mendatang.

 

7. Malaysia – 50 Hari

Hari libur 2019
Malaysia (ikarsatour.com)

Terakhir, peringkat pertama jatuh kepada Malaysia yang memberikan 50 hari libur untuk rakyatnya. Hal ini sekaligus menjadikan Negeri Jiran menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang memiliki jumlah hari libur terbanyak.

Baca juga:  Jadi Venue Lalala Fest, Ini 5 Fakta Unik Orchid Forest Bandung

Sama seperti Thailand, sebenarnya Malaysia hanya memberikan 20 hari libur saja. Beberapa negara bagian lebih memilih untuk tetap bekerja.

Selain itu, beberapa negara bagian di Malaysia juga memiliki hari liburan sendiri, tetapi tidak berlaku di tingkat nasional. Namun, bila ditotal secara keseluruhan, hari libur di Malaysia berjumlah 50 hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here