Sport

Senin, 16 Maret 2020 - 06:39 WIB

5 bulan yang lalu

logo

Corona Meluas, PSSI Resmi Tunda Liga 1 dan Liga 2

Ketum PSSI yang akrab disapa Iwan Bule resmi memutuskan untuk menhentikan sementara perhelatan Liga 1 dan Liga 2 untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. (Foto: tirto.id)

Ketum PSSI yang akrab disapa Iwan Bule resmi memutuskan untuk menhentikan sementara perhelatan Liga 1 dan Liga 2 untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. (Foto: tirto.id)

RariaMedia.com – Virus Corona (Covid-19) telah menyebar di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Akibatnya, banyak kegiatan yang harus ditunda atau dibatalkan, salah satunya penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2.

Keputusan penundaan penyelenggaraan acara tersebut resmi diumumkan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada Sabtu (15/03/2020).

Baca juga:  Lawan Vietnam di Laga Final Sea Games 2019, Timnas U-23 Kalah 3 Gol Tanpa Balas

“Kami sudah berdiskusi dengan Menpora dan hasilnya disepakati Liga 1 memang harus berhenti. Tadi juga kami berdiskusi tentang Liga 2 dan PT LIB sudah menyampaikan kalau Liga 2 besok berakhir,” ujarnya seperti dilansir dari Liputan6.com.

“Hari Senin tidak ada lagi pertandingan Liga 1 dan Liga 2. Waktunya sampai kapan? Kami tentukan dua pekan ke depan sampai perkembangan Corona dan kabar dari pemerintah,” sambungnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menghormati keputusan PSSI untuk menghentikan seluruh kegiatan sepak bola di Indonesia. Menurutnya, hal ini terpaksa dilakukan karena semakin meluasnya penyebaran virus Corona di Indonesia.

“Perkembangan waktu demi waktu kami pantau dan rupanya perkembangan virus Corona ini semakin luas. Sehingga dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi, khususnya kegiatan olahraga termasuk sepak bola,” ujar Zainudin.

Shopee Liga 1 2020 resmi dihentikan mulai Senin (16/3/2020) setelah semua klub memainkan laga pekan ketiga. Adapun Liga 2 2020 langsung dihentikan setelah menggelar partai pembuka antara Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra pada Sabtu (14/3/2020).

Baca juga:  Film Fast & Furious 9 Tunda Jadwal Tayang Karena Corona

Selain Indonesia, kegiatan kompetisi maupun turnamen sepak bola di luar negeri pun juga ditunda. Di antaranya yakni Premier League, Serie A, Bundesliga, Liga Malaysia, dan Liga Thailand yang sudah lebih dulu menghentikan sementara kegiatan tersebut.

Tak hanya liga, UEFA sebagai induk sepak bola Eropa juga menghentikan sementara Liga Champions dan Liga Europa. Adapun FIFA juga menghentikan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seharusnya diselenggarakan pada akhir Maret mendatang.

Artikel ini telah dibaca 679 kali

Baca Lainnya
X