Food & Travel

Minggu, 5 April 2020 - 10:22 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Dalgona Coffee Buatanmu Gagal? Mungkin Ini Penyebabnya!

Dalgona Coffee saat ini menjadi tren kreasi minuman. Meskipun, bahan dan cara pembuatannya yang terbilang cukup mudah, ternyata banyak orang gagal dalam membuat minuman ini. (Foto: tastynesia.com)

Dalgona Coffee saat ini menjadi tren kreasi minuman. Meskipun, bahan dan cara pembuatannya yang terbilang cukup mudah, ternyata banyak orang gagal dalam membuat minuman ini. (Foto: tastynesia.com)

RariaMedia.com – Semenjak merebaknya virus Corona di sejumlah negara dan menyebabkan banyak orang terpaksa untuk #dirumahaja, ternyata memicu sebagian orang untuk berkreativitas dengan membuat sajian sendiri. Salah satu yang menjadi tren adalah membuat minuman bernama Dalgona Coffee.

Bahan dan cara membuatnya pun bisa dibilang cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan kopi, gula, dan air, lalu kocok pakai mixer, untuk membuat topping yang disebut Dalgona foam.

Baca juga:  Inilah 6 Makanan Kaya Vitamin E yang Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selanjutnya siapkan gelas berisi es batu, tuang susu, dan letakkan Dalgona foam di atasnya. Sebuah minuman bernama Dalgona Coffee ini pun siap dinikmati.

Meskipun terlihat mudah, ternyata banyak orang yang gagal dalam membuat minuman satu ini. Mulai dari foam-nya tidak mengembang, terlalu encer, hingga rasanya yang terlalu pahit.

Nah, berikut ini adalah beberapa kesalahan yang biasa dilakukan saat membuat Dalgona Coffee. Mungkin, salah satu di antaranya yang membuatmu gagal membuat minuman tersebut.

 

1. Menggunakan kopi instan 3in1

Kesalahan pertama yang banyak orang lakukan adalah menggunakan kopi instan 3in1. Kopi instan jenis ini biasanya sudah dicampur creamer dan gula.

Padahal, bahan tersebut seharusnya kamu sediakan secara terpisah. Ada baiknya pakailah kopi bubuk hitam biasa saja, baru nanti kamu bisa mencampukannya dengan gula serta air.

 

2. Terlalu banyak air

Resep Dalgona Coffee

Takaran air yang digunakan untuk membuat Dalgona Coffee harus tepat. (Foto: okezone.com)

Kesalahan kedua yang sering dilakukaj adalah terlalu banyak menanbahkan air. Hal ini yang akan membuat foam tidak mengembang sempurna. Kalau kamu mencampurkan terlalu banyak air maka adonan dalgona akan encer sehingga tak jadi foam.

Perbandingan yang sempurna adalah dua sendok makan kopi, gula, dan air. Namun, jika kamu merasa terlalu pahit, kamu bisa mengurangi rasio kopinya. Misal, semua bahan menjadi satu sendok makan saja.

 

3. Kopinya berampas

Kopi yang masih menyisakan ampas ternyata membuatnya tak akan bisa menjadi foam. Ampasnya hanya akan menghambat bahan lain sehingga tidak tercampur sempurna. Sekalipun kamu sudah mengurangi takaran air ataupun menambah gulanya.

 

4. Tidak sabar mengocok

Dalgona Coffee gagal

Kamu harus sabar dalam mengocoknya agar foam-nya berhasil mengembang. (Foto: fimela.com)

Waktu mengocok adonan Dalgona Coffee yang tepat adalah sekitar 5-7 menit. Jika menurutmu foam-nya masih kurang mengembang, maka sebaiknya lanjutkan hingga 8-10 menit. Perkiraan waktu ini berlaku kalau kamu menggunakan mixer.

Namun, apabila kamu memakai kocokan manual sebaiknya kocok lebih lama lagi. Jadi, sangat dibutuhkan kesabaran dalam membuat adonan ini.

Baca juga:  Flu Melanda? Yuk Konsumsi 5 Makanan Ini!

5. Kurang gula

Selain kopi, gula juga menjadi bahan penting dalam pembuatan minuman segar ini. Sebab, gula akan membantu proses pengembangan foam. Semakin banyak gula yang dicampurkan, maka akan semakin mengembang pula dalgona foam.

Namun, bagi kamu yang kurang selera dengan kopi bercita rasa manis, kamu bisa mengubah takarannya.

Artikel ini telah dibaca 3498 kali

Baca Lainnya
X