Film Dokumenter Karya 2 Sineas Asal Padang Tayang di Festival Film Swiss

0
238
Film dokumenter sineas padang

RariaMedia.com – 2 sineas asal Padang, David Darmadi dan Lidia Afriliati berhasil menarik perhatian dunia perfilman dokumenter di Swiss. Proyek mereka dalan judul Diary of Cattle kali pertama dipertunjukkan di Swiss dalam festival film Visions du Reel di Nyon pada 11 April 2019.

Diary of Cattle memotret kehidupan sapi-sapi yang sepanjang hidup mencari makanan di penampungan sampah di kota Padang. David dan Lidia tidak mengemas dokumenter ini dalam bentuk dokumenter jurnalistik berbasis data, melainkan untuk menyampaikan pesan empati.

Baca juga:  Dengarkan Lagu Gisel Saat Jumpa Pers, Begini Reaksi Gading Marten

“Ini film dokumenter dengan harapannya mengundang empati untuk para penonton. Sementara kita tahu yang namanya dokumenter itu enggak sembarangan orang bisa nonton kayak di bioskop,” kata Lidia saat Press Conference di Gd. Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (16/4/19).

Mereka menemukan setidaknya para sapi dilepas oleh gembalanya sejak pagi hingga sore hari. Rupanya, para pemilik sapi ini juga sebagian bekerja sebagai pemulung sampah, tempat para sapi dilepas dan mencari makanan.

Baca juga:  Baskara Mahendra dan Baim Wong Bekerja Sama Dalami Peran di Film Bebas

Diary of Cattle sendiri adalah alumni workshop dokumenter If/Then dan Docs by the Sea yang diselenggarakan tahun lalu. Judul ini terpilih bersama The Flame (Bara), karya sineas asal Makassar, Arfan Sabran dengan produser asal Jakarta Gita Fara.

Docs by the Sea Incubator rencananya akan digelar lagi pada tahun ini, yakni pada 25 April hingga 2 Mei 2019 di Bali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here