Flu Melanda? Yuk Konsumsi 5 Makanan Ini!

0
Flu

RariaMedia.com – Di musim pancaroba seperti sekarang ini, tubuh menjadi lebih mudah terserang flu.

Meskipun banyak orang yang menyepelekan dan menganggap enteng penyakit flu, ada baiknya kamu menangani flu dengan serius.

Selain istirahat yang cukup dan mengonsumsi obat atau suplemen, memerhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi selama terserang flu juga sangat penting.

Baca juga:  Mau Langsing? Yuk Coba 5 Jenis Makanan Ini!

Berikut ini 5 makanan yang wajib kamu konsumsi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan saat terserang flu.

 

1. Sayuran hijau

Konsumsi Makanan saat flu

Bayam, brokoli, kailan, dan sayuran hijau lainnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu saat terserang flu. Sebab, sayuran hijau memiliki banyak kandungan vitamin C dan vitamin E yang sangat tubuh kamu perlukan.

Ada baiknya jika kamu mengonsumsi sayuran hijau ini dalam bentuk olahan seperti salad dan smoothie. Jika kamu tidak terlalu suka dengan sayuran mentah, kamu tetap bisa memasaknya.

Perhatikan juga durasi memasaknya agar kandungan dari sayuran hijau tidak berkurang terlalu banyak.

 

2. Buah-buahan bervitamin C

Konsumsi Makanan saat flu
Buah-buahan bervitamin C (nrttv.com)

Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Apalagi saat kondisi tubuh kurang prima, seperti terserang flu.

Meskipun kamu sudah mengonsumsi vitamin C dalam bentuk tablet hisap atau yang lainnya, tidak ada salahnya kamu tetap mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

Karena ketika tubuh kamu menyerap nutrisi seperti vitamin C ini lebih efektif dari makanan yang kamu makan daripada obat atau suplemen yang kamu konsumsi.

 

3. Aneka sup

Konsumsi Makanan saat flu
Aneka sup (nutritiouslife.com)

Sup adalah makanan yang wajib kamu konsumsi ketika terserang flu. Kamu bisa makan sup kambing, sup ayam, sup buntut, atau sup-sup lainnya, tergantung dengan selera masing-masing.

Kuah kaldu membantu kamu mencegah dehidrasi. Sensasi hangat dari sup tersebut dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dan meredakan hidung tersumbat.

Untuk isi supnya sendiri, sangat dianjurkan untuk menggunakan daging dan sayuran. Selain menambah cita rasa, dua bahan ini menambah kandungan gizi dalam sup kamu.

Baca juga:  11 Hal Ini Bisa Sebabkan Rambut Rontok

4. Rempah-rempah

Konsumsi Makanan saat flu
Rempah-rempah (okezone.com)

Ketika flu akan segera berakhir, hidung akan tersumbat dan dada terasa sesak. Biasanya semua itu akan semakin memburuk pada malam hari dan mengganggu tidur kamu. Jam tidur kamu pun otomatis berkurang.

Untuk membantu melancarkan hidung tersumbat, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan rempah-rempah. Misalnya kari, rendang, gulai, dan masih banyak lagi. Namun, hindari makanan pedas ketika flu agar tidak memperburuk sakit tenggorokan yang kamu alami.

 

5. Yoghurt

Konsumsi Makanan saat flu
Yoghurt (foodnetwork.com)

Biasanya, saat terserang flu, pasti tenggorokan kamu terasa sakit dan gatal. Untuk meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, kamu bisa mengonsumsi yoghurt.

Sebaiknya kamu mengonsumsi yoghurt plain atau tanpa tambahan perasa makanan. Jika kamu kurang suka dengan rasa yogurt plain, kamu bisa menambahkan buah-buahan favorit kamu.

Baca juga:  5 Jenis Makanan yang Efektif Kembalikan Energi Setelah Beraktivitas

Menurut penelitian yang dilaporkan dalam jurnal International Immunopharmacology, yoghurt dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, yogurt juga mengandung banyak protein yang dibutuhkan tubuh. Wah, banyak banget ya manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here