Health Techno & Science

Selasa, 24 Maret 2020 - 08:48 WIB

5 bulan yang lalu

logo

Grab Rilis Layanan Screening Awal COVID-19 di Aplikasi

Grab Indonesia bekerja sama dengan Good Doctor Indonesia dan Kementerian Kesehatan merilis layanan screening awal COVID-19 di aplikasi Grab. (Foto: inakoran.com)

Grab Indonesia bekerja sama dengan Good Doctor Indonesia dan Kementerian Kesehatan merilis layanan screening awal COVID-19 di aplikasi Grab. (Foto: inakoran.com)

RariaMedia.com – Dalam rangka memerangi pandemi COVID-19 di Indonesia, Grab Indonesia dan Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk menghadirkan layanan pemeriksaan (screening) awal COVID-19, pada Senin (23/3).

Layanan pemeriksaan awal COVID-19 ini disajikan dalam bentuk tanya jawab online atau telekonsultasi di platform GrabHealth dengan dukungan Good Doctor yang bisa diakses 24 jam di setiap harinya.

Baca juga:  Oppo F9 Siap Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

“Layanan tanya jawab online langsung dengan mitra dokter serta bebas biaya yang diberikan GrabHealth powered by Good Doctor akan menjadi langkah pemeriksaan awal yang penting untuk mengidentifikasi risiko COVID-19 pada masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu panik dan kemudian memenuhi faskes seperti puskesmas atau rumah sakit yang justru bisa menambah risiko terpapar dengan COVID-19,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenkes, drg. Oscar Primadi MPH.

Ia juga menganjurkan masyarakat untuk memanfaatkan smartphone mereka dan mengakses layanan konsultasi dengan dokter secara online dari rumah. Hal ini mengingat adanya potensi rumah sakit di berbagai daerah penuh dalam waktu dekat.

Screening awal ini diharapkan bisa membantu masyarakat mengindikasikan risiko COVID-19 mulai dari gejala ringan, sedang, maupun berat, untuk kemudian diberikan rekomendasi lebih lanjut oleh mitra dokter sesuai protokol kesehatan penanganan COVID-19 yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Apabila mitra dokter menemukan adanya indikasi pengguna dengan kemungkinan risiko ringan atau sedang, maka mitra dokter dapat menganjurkan pengguna untuk melakukan isolasi diri sendiri.

Baca juga:  XL Mulai Matikan Sinyal 2G Secara Perlahan

Namun, apabila mitra dokter menemukan adanya indikasi pengguna dengan kemungkinan berisiko tinggi, maka mitra dokter dapat merekomendasikan pengguna yang bersangkutan untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit yang memiliki kemampuan penanganan COVID-19.

Layanan GrabHealth powered by Good Doctor bisa diakses oleh para pengguna Grab di Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya,Malang, Sidoarjo, Bali (Denpasar), Medan, Palembang, Balikpapan, Samarinda, Makassar dan Manado.

Artikel ini telah dibaca 492 kali

Baca Lainnya
X