Food & Travel

Jumat, 29 Mei 2020 - 16:22 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Hati-Hati, 5 Makanan Ini Tak Boleh Dipanaskan Menggunakan Microwave

Beberapa jenis makanan sebaiknya tidak boleh dipanaskan dengan menggunakan microwave. (Foto: kompas.com)

Beberapa jenis makanan sebaiknya tidak boleh dipanaskan dengan menggunakan microwave. (Foto: kompas.com)

RariaMedia.com – Microwave memang menjadi salah satu alat elektronik yang sangat praktis untuk memanaskan makanan. Tak perlu menunggu lama, makanan yang sudah dingin bisa menjadi hangat lagi. Cita rasanya pun menjadi nikmat kembali.

Meski demikian, ternyata tak semua makanan bisa dipanaskan menggunakan microwave. Sebab, panas yang dihantarkan dari alat ini bisa mengubah tekstur dari makanan, dan malah bisa membuatnya jadi kurang enak.

Baca juga:  6 Tempat Ngabuburit dan Berburu Takjil di Bogor

Untuk itu, berikut ini kami rangkumkan lima jenis makanan yang sebaiknya tak dipanaskan dengan menggunakan microwave.

 

1. Daging beku

Ada sebagian orang yang mungkin berpikir menghangatkan daging beku menggunakan microwave jadi salah satu cara untuk membuatnya jadi lebih cepat cair. Padahal, panas yang dihasilkan oleh alat ini bisa memulai proses memasak pada daging tersebut.

Akibatnya, ketika dimasak tingkat kematangan dagingnya jadi tak merata. Untuk itu, sebaiknya cairkan daging beku dengan cara memindahkannya dari freezer ke kulkas dan tunggu semalaman sebelum memasaknya.

 

2. Semua jenis roti

Roti microwave

Sangat disarankan untuk tidak memanaskan roti menggunakan microwave. (Foto: selerasa.com)

Menurut Ryan Dodge, koki eksekutif di LifeCafe seperti dilansir dari Kumparan.com, jenis roti apapun tak akan terasa enak setelah dipanaskan dengan microwave. Entah itu burger, sandwich, atau sisa roti apapun.

Jika kamu memanaskannya dengan microwave justru akan menghilangkan kelembaban di dalamnya, sehingga membuat tekstur roti jadi keras.

 

3. Saus

Jika kamu ingin memanaskan sisa saus pasta atau saus steak menggunakan microwave supaya lebih cepat, lebih baik kamu mencari cara lain.

Sebab, dengan memanaskan saus menggunakan alat ini dapat membuatnya meletup dan mengotori bagian dalam microwave. Untuk itu, sebaiknya kamu memanaskan saus di atas kompor menggunakan api kecil.

 

4. Sayuran hijau

Tips memanaskan makanan

Tidak boleh memanaskan sayuran hijau menggunakan microwave. (Foto: trubus.id)

Jangan pernah kamu memanaskan kale atau sayuran hijau lainnya menggunakan microwave. Sayuran ini bisa menimbulkan api dan terbakar.

Meski belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkannya, namun kemungkinan besar hal ini dipengaruhi oleh kadar kelembaban pada sayuran, atau ujung sayuran yang terlalu dekat dengan sudut microwave.

Baca juga:  Mau Langsing? Yuk Coba 5 Jenis Makanan Ini!

5. Protein

Memanaskan protein menggunakan microwave merupakan pilihan yang buruk. Jika kita memanaskan makanan berprotein seperti daging ayam atau steak menggunakan microwave, kelembaban di dalamnya akan menghilang. Akibatnya, tekstur daging akan menjadi terasa keras.

Artikel ini telah dibaca 614 kali

Baca Lainnya
X