Hati-Hati, Inilah 5 Tanda Seseorang Kekurangan Vitamin D

0
1059
Kekurangan vitamin D

RariaMedia.com – Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, dibutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh adalah vitamin D.

Vitamin D berfungsi untuk menyerap kalsium dan meningkatkan pertumbuhan tulang, serta menjaga sistem kekebalan tubuh, otak, dan sistem saraf. Oleh karena itu, jika kekurangan vitamin D maka akan sangat berpengaruh bagi kesehatan.

Baca juga:  Cegah Stunting, BKKBN Siapkan Dana Rp 1,3 Milyar Untuk Papua

Sebenarnya untuk mendapat asupan vitamin D sangat mudah. Kamu bisa mendapatkannya dari sinar matahari melalui proses pengubahan UVB dari matahari yang dilakukan oleh kulit kita.

Jika kamu lebih sering berkegiatan di dalam ruangan, tentu jarang terpapar sinar matahari langsung. Atau ketika sedang berada di luar, biasanya perempuan akan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari kerusakan. Jadi bisa dipastikan asupan vitamin D dalam tubuh kurang mencukupi.

Tetapi, kamu tak perlu khawatir, karena kekurangan vitamin D masih bisa dicegah dan diperbaiki. Namun sebelum itu, sebaiknya kamu mengetahui tanda-tanda yang dirasakan saat kekurangan vitamin D berikut ini.

 

1. Mudah Lelah

Kekurangan vitamin D
Tubuh menjadi mudah lelah (baca.co.id)

Vitamin D memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh kita. Oleh karena itu, jika asupannya kurang, maka stamina kamu akan melemah. Hal itulah yang menyebabkan kamu menjadi mudah lelah meskipun sudah rajin berolahraga.

 

2. Mudah Terserang Penyakit

Kekurangan vitamin D
Mudah terserang penyakit (tribunnews.com)

Setelah mengevaluasi berbagai studi, para peneliti menemukan bahwa peserta yang memiliki kandungan vitamin D yang cukup, memiliki risiko yang lebih rendah terkena infeksi saluran pernapasan. Hal itu menunjukkan bahwa suplemen vitamin D dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga:  Sudah Makan Berkali-Kali Tapi Masih Saja Lapar? Mungkin Ini Penyebabnya

Jadi apabila kamu belakangan ini sering drop dan mudah terserang penyakit, coba perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

 

3. Mood Menjadi Sensitif

Kekurangan vitamin D
Mood menjadi sensitif (kumparan.com)

Setelah menganalisis sejumlah studi observasional dan melalui uji acak, sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Affective Disorders mengidentifikasi adanya korelasi antara kekurangan vitamin D dan peningkatan risiko depresi di kemudian hari.

Penelitian lain menunjukkan karena otak mengandung banyak reseptor vitamin D, maka kurang asupan vitamin tersebut dapat mempengaruhi fungsi otak dan mood kamu.

 

4. Kepadatan Tulang Menurun

Kekurangan vitamin D
Kepadatan tulang menjadi menurun (kumparan.com)

Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium, yang merupakan kunci untuk pertumbuhan, kepadatan, dan kekuatan tulang. Tanpa adanya vitamin D dan juga kalsium, tulang menjadi rapuh dan lemah.

Hal tersebut didukung dengan adanya studi yang dirilis oleh Journal of Midlife Health yang menyatakan jika vitamin D memiliki kaitan yang erat dengan kepadatan mineral tulang. Itu menjadi salah satu faktor penyebab osteoporosis.

 

5. Rambut Mudah Rontok

Kekurangan vitamin D
Rambut rontok (orbitdigitaldaily.com)

Jika kamu mengalami rambut rontok, bisa jadi penyebabnya bukan karena salah sampo atau salah perawatan. Melainkan karena kekurangan vitamin D.

Baca juga:  3 Hal Ini Sebabkan Banyak Orang Jatuh Sakit Setelah Lebaran

Sebuah studi yang dirilis di Skin Pharmacology and Physiology mengidentifikasi jika rambut rontok akibat kurang vitamin D banyak terjadi pada perempuan.

Sebanyak 80 persen partisipan perempuan yang mengalami kerontokan rambut ternyata kekurangan vitamin D dan zat besi dalam darah mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here