Food & Travel Health

Rabu, 6 Januari 2021 - 09:48 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Hati-hati, Mengonsumsi Alpukat Berlebih Bisa Sebabkan Hal Ini!

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki segudang manfaat. Namun, mengonsumsinya secara berlebih ternyata berbahaya bagi tubuh. (Foto: unsplash.com)

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki segudang manfaat. Namun, mengonsumsinya secara berlebih ternyata berbahaya bagi tubuh. (Foto: unsplash.com)

RariaMedia.com – Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Buah ini dapat dikonsumsi dalam bentuk buah utuh, jus, bahkan bisa dijadikan sebagai masker alami.

Di balik beragam manfaatnya, alpukat ternyata berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini dampak buruk mengonsumsi alpukat bagi tubuh seperti dilansir dari laman EatThis.com.

Baca juga:  Ternyata, Inilah Bahaya di Balik Penggunaan Tusuk Gigi

1. Berat badan naik

Bahaya Alpukat

Mengonsumsi alpukat secara berlebih dapat membuat berat badan naik. (Foto: hellosehat.com)

Hampir semua jenis makanan jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Meskipun alpukat merupakan makanan sehat, mengonsumsinya secara berlebihan juga akan menyebabkan hal yang sama.

Jika buah ini dikonsumsi melebihi jumlah kalori yang seharusnya dikonsumsi per hari, lemak tubuh akan bertambah. Hal itulah yang akan menyebabkan kenaikan berat badan.

 

2. Peradangan

Mengonsumsi alpukat terlalu banyak bisa menyebabkan diabetes tipe 2, penyakit jantung serta meningkatnya kadar kolestrol. Sebab, buah ini ternyata masih mengandung sekitar 3,2 gram atau 15 persen lemak jenuh.

Lemak jenuh tersebut terbukti bisa meningkatkan peradangan pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Untuk itu, kamu harus mengonsumsi alpukat secara wajar.

 

3. Kekurangan gizi

Gizi Alpukat

Alpukat jika dikonsumsi secara berlebih dapat menyebabkan kekurangan gizi (Foto: istockphoto)

Buah alpukat jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan membuatmu merasa lebih kenyang. Hal itu menyebabkan keinginan untuk mengonsumsi makanan bergizi lainnya jadi berkurang.

Jika dilakukan secara terus menerus, kamu bisa kekurangan gizi. Oleh sebab itu, kamu tetap harus mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Baca juga:  Jarang Diketahui, Inilah 3 Manfaat Kemuning Bagi Kesehatan

4. Serat berlebih

Seperti diketahui, serat sangatlah penting untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, mengonsumsi terlalu banyak makanan berserat dapat terlalu banyak mengonsumsi makanan berserat seperti alpukat dapat menyebabkan perut kembung, sakit perut serta konstipasi.

Artikel ini telah dibaca 162 kali

Baca Lainnya
X