Food & Travel Health

Minggu, 14 Februari 2021 - 14:19 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Identik dengan Valentine, Ini Manfaat Konsumsi Cokelat bagi Kesehatan

Selain menjadi makanan yang disukai banyak orang dan menjadi hadiah Valentine, cokelat ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. (Foto: 10bestmedia.com)

Selain menjadi makanan yang disukai banyak orang dan menjadi hadiah Valentine, cokelat ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. (Foto: 10bestmedia.com)

RariaMedia.com – Hari Valentine identik dengan memberikan hadiah spesial kepada pasangan sebagai tanda kasih sayang. Salah satu yang sering sekali dijadikan hadiah dalam perayaan tersebut adalah cokelat.

Rasanya yang manis membuat cokelat dianggap sebagai simbol percintaan yang diinginkan banyak orang, yakni manis. Itulah  salah satu alasan yang menyebabkan cokelat seakan menjadi hadiah wajib bagi pasangan yang merayakan Hari Valentine.

Baca juga:  Ternyata, Inilah Bahaya di Balik Penggunaan Tusuk Gigi

Di samping itu, makanan yang disukai banyak orang ini ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat mengonsumsi cokelat bagi kesehatan.

 

1. Menurunkan tekanan darah

Kandungan flavonoid yang terdapat dalam cokelat dapat menstimulasi produksi nitric oxide (NO) yang dipercaya mampu menenangkan arteri. Hal tersebut akan membuat tekanan darah menjadi menurun ketika mengonsumsi cokelat.

 

2. Meningkatkan mood

Cokelat Valentine

Cokelat dipercaya mampu meningkatkan dan memperbaiki mood seseorang. (Foto: rukita.co)

Manfaat cokelat yang satu ini memang sudah diketahui dan dipercaya oleh banyak orang. Cokelat memang terbukti mampu meningkatkan dan memperbaiki mood atau suasana hati seseorang.

Manfaat ini diperoleh dari beberapa zat di dalam cokelat yang memiliki efek antidepresan. Beberapa zat yang berperan tersebut adalah feniletilamin dan magnesium.

 

3. Meningkatkan fungsi otak

Cokelat dapat meningkatkan fungsi kognitif pada otak. Flavonoid yang terkandung di dalam cokelat ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya otak.

Penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi cokelat dengan kadar tertentu dapat meningkatkan peredaran darah ke otak. Selain itu, kandungan kafein dan teobromin dalam cokelat mampu meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.

 

4. Menjaga kesehatan jantung

Cokelat Cegah Kanker

Kandungan yang ada di dalam cokelat diyakini mampu mencegah kanker. (Foto: unsplash.com)

Manfaat selanjutnya yang bisa didapat jika mengonsumsi cokelat adalah kesehatan jantung menjadi lebih terjaga. Cokelat berperan dalam membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan koleterol baik dalam tubuh.

Hal itulah yang akan menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung seseorang. Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang memakan cokelat hitam lebih dari lima kali seminggu mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 57 persen.

Baca juga:  Jarang Diketahui, Inilah 3 Manfaat Kemuning Bagi Kesehatan

5. Mencegah kanker

Berbagai kandungan di dalam cokelat juga dipercaya bermanfaat dalam mencegah kanker. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan dalam cokelat memiliki konsentrasi tinggi.

Antioksidan yang tinggi tersebut teridiri atas polifenol, flavanol, katekin, dan beberapa jenis lainnya. Kandungan tersebut dapat melindungi sistem kardiovaskular tubuh dan mencegah kanker.

Artikel ini telah dibaca 746 kali

Baca Lainnya
X