Food & Travel Health

Selasa, 31 Maret 2020 - 16:05 WIB

8 bulan yang lalu

logo

Inilah 6 Makanan Kaya Vitamin E yang Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Berbagai makanan yang sering kita jumpai ternyata mengandung vitamin E yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. (Foto: wikimedia.co.id)

Berbagai makanan yang sering kita jumpai ternyata mengandung vitamin E yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. (Foto: wikimedia.co.id)

RariaMedia.com –Salah satu vitamin yang sangat baik untuk menjaga daya tahan (imunitas) tubuh adalah vitamin E. Selain baik untuk sistem imun, vitamin ini juga bersifat antioksidan sehingga dapat memperlambat kerusakan sel dan mampu melancarkan sirkulasi darah.

Beberapa makanan yang sering kita jumpai ternyata kaya akan kandungan vitamin E, lho. Apa saja ya makanan-makanan tersebut?

Baca juga:  Menikmati Sensasi Wisata Ala Eropa di Kota Bogor

1. Bayam

Kandungan bayam

Sayur bayam (Foto: okezone.com)

Kandungan vitamin E yang dimiliki bayam sangat baik untuk mengatasi inflamasi. Zat yang terkandung dalam bayam juga sangat bermanfaat, terutama untuk mengobati peradangan akibat kuman dan bakteri.

Jika kamu mengonsumsi bayam secara rutin, kamu bisa tercegah dari munculnya atheroklerosis, penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri.

 

2. Mangga

Makanan vitamin E

Mangga (Foto: tempo.co)

Mangga mengandung berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh. Selain vitamin E, mangga juga mengandung vitamin K dan B kompleks yang bisa menjaga badan tetap bugar di tengah cuaca tak menentu.

Tak hanya itu, mangga juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Satu mangkuk mangga bisa menambah asupan vitamin C kaya antioksidan sebesar 67 persen.

Karena mangga kaya akan antioksidan, buah ini juga mampu mendetoksifikasi racun yang masuk ke tubuh akibat radikal bebas seperti polusi, makanan tak sehat, hingga sinar matahari.

 

3. Tomat

Virus Corona

Tomat (Foto: alodokter.com)

Sama seperti mangga, tomat juga mengandung banyak vitamin, selain vitamin E.  Salah satunya vitamin C. Satu buah tomat segar dapat menyediakan sekitar 40 persen kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C sendiri merupakan antioksidan alami yang ampuh untuk memelihara sistem metabolisme dan mencegah peradangan dalam tubuh.

 

4. Alpukat

Makanan daya tahan tubuh

Alpukat (Foto: liputan6.com)

Makanan yang kaya akan vitamin E selanjutnya adalah alpukat. Setengah potongan dari buah ini setara dengan 2 mg vitamin E. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sering dikaitkan dengan penurunan peradangan dalam tubuh.

Alpukat juga dipercaya bisa mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, sindrom metabolik, dan jenis kanker tertentu.

 

5. Kuaci

Vitamin E

Kuaci atau biji bunga matahari (Foto: liputan6.com)

Kuaci dikenal memiliki lemak tak jenuh yang tinggi serta kaya akan vitamin E bersifat antioksidan. Seperempat mangkuk biji bunga matahari ini saja dipercaya sudah cukup untuk memenuhi 80 persen kebutuhan vitamin E harian.

Baca juga:  Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Pria Kencing Sambil Duduk

Vitamin E bersifat antioksida yang dimiliki kuaci ini dapat memperlambat kerusakan sel dan jaringan kulit, serta melancarkan sirkulasi darah di kulit, termasuk kulit wajah. Asupan vitamin E yang cukup juga bisa meningkatkan kelembapan sekaligus memudarkan keriput dan noda hitam di kulit.

 

6. Almond

Kacang Almond

Kacang almond (Foto: kanalinspirasi.com)

Almond memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berfungsi sebagai penghalang masuknya radikal bebas. Kandungan vitamin E, potasium, magnesium, dan serat yang ada juga akan memecah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh sehingga terhindar dari kerusakan sel.

Artikel ini telah dibaca 942 kali

Baca Lainnya
X