Inilah 7 Manfaat Kiwi Untuk Kesehatan

0
1023
Buah Kiwi

RariaMedia.com – Kiwi merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah berpenampilan hijau menyegarkan ini mengandung vitamin C, vitamin E, serat, dan beberapa mineral bermanfaat.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini 7 manfaat bagi kesehatan dari buah kiwi jika kamu mengonsumsinya dengan rutin.

Baca juga:  Tahukah Kamu, Ternyata 5 Hal Ini Sebabkan Bau Mulut

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tak banyak yang tahu, ternyata menyantap satu mangkuk kiwi sudah cukup untuk memenuhi lebih dari 200 persen kebutuhan vitamin C harian. Nah, vitamin C ini berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Dikutip dari jurnal yang diterbitkan Canadian Journal of Physiology and Pharmacology tahun 2013, kandungan vitamin yang tinggi ini bahkan bisa menjadi penangkal virus flu. Terutama bagi anak-anak dan orang tua di atas usia 65 tahun.

2. Menyehatkan mata

Manfaat Buah Kiwi
Kiwi mampu menyehatkan mata (hellosehat.com)

Selain wortel, ternyata kiwi juga dapat menyehatkan mata, loh. Berdasarkan jurnal yang diterbitkan JAMA Opthalmology yang terbit tahun 2004, dengan menyantap tiga buah kiwi setiap hari dapat menurunkan risiko terkena macular degeneration hingga 36 persen.

Macular degeneration sendiri adalah gangguan penglihatan yang kerap menyerang penderita berusia 60 tahun ke atas.

 

3. Membantu menurunkan berat badan

Sebagian besar buah-buahan, termasuk kiwi, memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat inilah yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Kandungan kalori serta indeks glikemiknya pada buah kiwi juga terbilang rendah. Hal ini membuat kiwi cocok untuk dikonsumsi saat diet karena memiliki manfaat mempercepat proses pembakaran lemak.

.

Baca juga:  5 Jenis Makanan yang Efektif Kembalikan Energi Setelah Beraktivitas

4. Melancarkan pencernaan

Proses pencernaan yang tidak lancar bisa mendatangkan gangguan kesehatan seperti diare, sembelit, hingga peradangan. Nah, menyantap kiwi bisa menjadi salah satu cara unruk membantu memaksimalkan proses pencernaan.

Satu buah kiwi berukuran sedang rata-rata mengandung serat hingga 2,1 gram yang membuat buang air besar lebih teratur. Penelitian tahun 2010 dari Massey University, New Zealand, juga menyebutkan bahwa kiwi mengandung enzim bernama actinidin yang berfungsi mempercepat pemecahan protein sehingga lebih mudah diserap tubuh.

5. Mengencangkan kulit

Manfaat Kiwi
Kiwi juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit (kumparan.com)

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam kiwi juga berfungsi meningkatkan produksi kolagen. Kandungan vitamin E pada kiwi juga bisa menjadi anti-aging yang akan memperlambat kerusakan sel.

Kombinasi antioksidan pada kedua jenis vitamin tersebut pada kiwi inilah yang akan menjaga kulit tetap kenyal, lembut, dan lembap meski sering terkena paparan udara bebas.

6. Mengatur kadar gula darah

Untuk kamu yang ingin makan hidangan manis tanpa perlu khawatir gula darah naik, kiwi bisa menjadi solusinya.

Karena, gula darah tak akan naik dengan cepat saat menyantap makanan dengan indeks glikemik rendah seperti yang ada pada kiwi, yakni hanya sekitar 48,5 saja sehingga tidak akan mempengaruhi kenaikan glukosa di dalam darah.

Menyantap buah yang rendah indeks glikemik seperti kiwi juga cukup aman untuk penderita diabetes.

Baca juga:  Berat Badan Naik Mendadak, Mungkin Ini Penyebabnya

7. Meredakan gangguan insomnia

Menyantap buah kiwi sebelum tidur ternyata juga bisa meningkatkan kualitas tidur agar lebih lelap. Menurut jurnal dari Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, kiwi bisa menurunkan risiko terkena insomnia bagi orang dewasa.

Mengonsumsi kiwi secara teratur dapat meningkatkan produksi hormon serotonin di dalam tubuh. Hormon ini dipercaya dapat memberi perasaan tenang dan nyaman, bahkan mencegah depresi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here