Jangan Coba-Coba, 10 Makanan Ini Berbahaya Jika Dikonsumsi Setelah Olahraga

0

RariaMedia.com – Berolahraga secara terartur memang butuh kedisiplinan dan konsistensi yang luar biasa. Tidak semua orang dapat menerapkan waktu olahraga dengan teratur.

Namun, jangan sampai kerja kerasmu berolahraga tidak membuahkan hasil yang dinginkan, hanya karena salah mengonsumsi makanan.

Baca juga:  Nikmati Gerhana Bulan Total di 5 Tempat Wisata Sekitar Jakarta Ini, Yuk!

Makanan yang kamu konsumsi setelah berkeringat ternyata sangat berpengaruh terhadap respon tubuhmu. Meskipun rasanya enak, sebaiknya kamu hindari 10 makanan berikut ini.

 

1. Cokelat

Jangan makan setelah olahraga
Cokelat (iStock)

Menghindari makanan yang satu ini memang perkara yang sangat sulit, terlebih bagi perempuan. Olahraga membantu mempercepat proses metabolisme. Sehingga mengomsumsi cokelat langsung setelah olahraga akan mengganggu proses metabolisme.

 

2. Soda

Jangan makan setelah olahraga
Soda (thejournal.ie)

Setelah berolahraga, tubuh kamu akan mengalami dehidrasi. Meminum soda bukan pilihan yang tepat untuk mengembalikan energimu, lebih baik minum air putih untuk kembalikan energi kamu.

 

3. Steak

Jangan makan setelah olahraga
Steak (bostonsausage.com)

Setelah berolahraga, disarankan untuk tidak mengonsumsi steak. Sebab, steak merupakan salah satu makanan yang sulit dicerna sengan cepat.

 

4. Gorengan

Gorengan berbahaya
Gorengan (tribunnews.com)

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang baik setelah berolahraga, jangan coba-coba untuk mengonsumsi gorengan setelah olahraga selesai.

 

5. Permen

Permen berbahaya!
Permen (chegg.com)

Setelah berolahraga, mengonsumsi gula dengan jumlah berlebih merupakan hal yang sangat keliru. Oleh karena itu, jangan langsung mengonsumsi permen setelah berolahraga.

Baca juga:  5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa Agar Pencernaan Tidak Terganggu

6. Sayur mentah

Jangan makan setelah olahraga
Sayur mentah (infoincara.com)

Mengonsumsi sayuran mentah sebagai salad sangat dianjurkan untuk tubuh. Namun, hal itu tidak berlaku setelah kamu berolahraga. Setelah berkeringat, tubuh kamu membutuhkan asupan utama kalori dan karbohidrat.

 

7. Smoothies

Smopthies berbahaya
Smoothies (lohecocinadoyo.com)

Jika kamu berolahraga untuk menurunkan berat badan atau membakar lemak, jangan sekali-kali langsung minum smoothies. Karena akan menghambat proses pembakaran lemak yang masih terjadi di dalam tubuh kamu.

 

8. Makanan pedas

Makanan pedas berbahaya!
Makanan pedas (sipayo.com)

Kondisi tubuh setelah berolahraga membutuhkan makanan yang mudah dicerna. Sama seperti steak, jika kamu mengonsumsi makanan pedas justru akan mengganggu sistem pecernaan setelah olahraga.

 

9. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat berbahaya
Kacang-kacangan (wanita.me)

Kacang-kacangan mengandung serat yang sangat tinggi. Jika kamu tidak ingin memiliki masalah dengan pencernaan selepas olahraga, sebaiknya kamu hindari kacang-kacangan.

 

10. Telur goreng

Telur Gorenh Berbahaya!
Telur goreng (indianhealthyrecipes.com)

Sebenarnya, telur merupakan asupan sumber protein yang sangat kamu butuhkan setelah berolahraga. Tapi, sebaiknya yang kamu konsumsi adalah telur rebus. Lemak jenuh pada telur goreng akan menghambat proses metabolisme.

Baca juga:  4 Cara Mudah Lindungi Data Pribadi Akun Facebook Kamu

Makanan-makanan di atas bisa kamu konsumsi berselang 1-2 jam setelah berolahraga. Demi mendapatkan hasil workout  yang kamu inginkan, tidak ada salahnya untuk menghindari dulu ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here