Food & Travel Health

Sabtu, 3 Oktober 2020 - 00:52 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Jangan Dikupas, Ini 5 Manfaat Kulit Apel Untuk Kesehatan

Kulit apel memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan yang sangat sayang untuk dilewatkan. (Foto: shutterstock)

Kulit apel memiliki cukup banyak manfaat untuk kesehatan yang sangat sayang untuk dilewatkan. (Foto: shutterstock)

RariaMedia.com – Apel menjadi salah satu buah yang disukai oleh banyak orang. Cara mengonsumsi buah ini pun cukup beragam. Mulai dari memakannya secara langsung, mengolahnya menjadi jus, hingga mengolahnya menjadi keripik.

Dari cara-cara tersebut, tak sedikit orang yang lebih memilih untuk mengupas kulitnya terlebih dahulu. Padahal, kulit buah apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Baca juga:  Inilah 7 Manfaat Makan Ikan yang Menyehatkan Tubuh

Berdasarkan penelitian, kulit apel dipercaya mampu turunkan berat badan dan bahkan mencegah kolestrol. Lebih lengkapnya, berikut ini lima manfaat kulit apel untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Kaya akan vitamin

Kulit apel sangat sayang jika harus dikupas dan dibuang begitu saja. Sebab, di dalam kulit apel ternyata mengandung 8,4 mg vitamin C dan 98 IU vitamin A.

Jika kamu mengupas kulit apel, tentu saja kandungan tersebut akan menurun. Ditambah lagi, hampir setengah kandungan vitamin C pada buah ini ada di bagian kulitnya.

 

2. Mengandung mineral

Kulit apel ternyata mengandung empat mineral penting yang bisa membantu menguatkan tulang hingga meregulasi pertumbuhan sel dan memproduksi sel darah merah. Keempat mineral tersebut adalah potassium, kalsium, asam folat, zat besi dan fosforus.

Adanya kandungan mineral dalam kulit apel ini semakin dipercaya setelah adanya sebuah studi yang dilakukan Universitas Illinois.

 

3. Mengandung serat

Kulit dari apel mengandung cukup banyak serat, yakni sekitar dua per tiga dari keseluruhan serat dalam sebuah apel. Serat ini sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti menurunkan kolesterol dan membantu proses pencernaan.

Selain itu, serat juga membuat rasa kenyang yang lebih lama sehingga dapat mengontrol nafsu makan berlebih.

 

4. Menurunkan berat badan

Apel

Kulit apel dapat menurunkan berat badan (Foto: lancangkuning.com)

Selain ketiga manfaat yang sudah disebutkan di atas, kulit apel juga memiliki kandungan ursolic acid yang dapat melawan obesitas.

Ursolic acid ini berperan dalam meningkatkan lemak otot dengan membakar kalori. Hal tersebut juga membuat kulit apel dapat menurunan risiko obesitas.

Baca juga:  7 Camilan Khas Ini Disantap Para Penonton Piala Dunia 2018 di Rusia

5. Mencegah kanker

Sebuah studi dari Universitas Cornell tahun 2007 lalu menunjukkan bahwa di dalam kulit apel terdapat kandungan triterpenoid. Kandungan ini mampu membunuh sel kanker khususnya pada sel kanker usus besar, payudara dan liver.

Artikel ini telah dibaca 367 kali

Baca Lainnya
X