Kalahkan Myanmar, Timnas U-23 Lolos ke Final SEA Games 2019

0
255
Timnas U-23

RariaMedia.com – Timnas U-23 Indonesia sukses memastikan tempat di babak final cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019. Ini didapat setelah mereka berhasil mengalahkan Myanmar di babak semifinal, Sabtu (7/12/2019) sore WIB, dengan skor 4-2 melalui perpanjangan waktu.

Tiga pemain Timnas U-23 berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai memasukkan bola ke gawang lawan. Mereka adaalah Evan Dimas Darmono (58′ dan 112′), Egy Maulana Vikri (70′), dan Osvaldo Ardiles Haay (101′). Sementara itu, Myanmar berhasil mencetak gol melalui Aung Kaung Man (79′) dan Win Naing Tun (80′).

Baca juga:  Cedera Saat Hadapi Portugal, Kompany Terancam Absen di Piala Dunia 2018

Babak Pertama

Sejak menit awal pertandingan, Timnas U-23 langsung menghadapi situasi yang sulit. Mereka harus berhadapan dengan apiknya pressing Myanmar.

Selama 45 menit babak pertama, Myanmar tercatat memiliki dua peluang bersih. Kedua peluang itu lahir melalui penyerang mereka, Win Moe Aung pada menit ketujuh dan menit ke-45.

Sedangkan, Timnas U-23 mendapatkan lima peluang berbuah gol. Namun sayang, keseluruhannya gagal mengoyak jala lawan dan membuat babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

 

Babak Kedua

Dua menit setelah babak kedua dimulai, Timnas U-23 sudah mulai menebar ancaman. Namun, baru berhasil mencatatkan angka lewat kolaborasi Egy dan Evan Dimas pada menit ke-58. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Kemudian pada menit ke-70, Egy berhasil mencetak gol dan mengubah angka di papan skor menjadi 2-0 untuk Indonesia.

Tertinggal dua gol tak menyurutkan nyali Myanmar mengejar ketertinggalan. Bahkan gol-gol Timnas U-23 dibalas langsung dalam tempo cepat.

Gol pertama Myanmar lahir melalui Aung Kaung Man yang masuk sebagai pemain pengganti. Gol pemain ke-13 itu lahir melalui jarak dekat usai bekerja sama dengan Win Moe Aung pada menit ke-79.

Tak sampai dua menit dari gol pertama, Myanmar kembali mencetak gol ke gawang Timnas U-23. Ini merupakan gol yang dicetak oleh  Win Naing Tun. Kedudukan menjadi imbang 2-2 dan tetap hingga babak kedua selesai.

 

Babak Tambahan

Timnas U-23 vs Myanmar
Sujud syukur usai mencetak gol ke gawang Timnas Myanmar dalam pertandingan Semifinal SEA Games. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pertandingan kemudian dilanjutkan dengan babak tambahan. Pada babak ini, Timnas U-23 nyaris tak mengendurkan intensitas serangan. Hasilnya juga nyata memasuki menit ke-102 Osvaldo akhirnya mampu mencetak gol pertamanya di laga kali ini.

Baca juga:  Eko Yuli Tambah Koleksi Medali Emas Untuk Indonesia

Kembali tertinggal, Myanmar berupaya mengejar ketertinggalan. Akan tetapi, Timnas U-23 yang tak ingin mengulangi kesalahan lewat kebobolan cepat segera merapatkan barisan ketika Myanmar melakukan tekanan.

Pada menit ke-112, Timnas U-23 akhirnya mengunci kemenangan lewat akselerasi Saddil di sisi kiri. Umpan silang ke kotak penalti itu sukses diteruskan oleh Sani Rizki, tetapi ketika Sani melihat Evan tengah berada tanpa penjagaan ia langsung menyodorkan bola. Evan menuntaskan peluang itu menjadi gol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here