Menu

Mode Gelap

Life · 23 Jan 2022 11:26 WIB

Kesulitan Memahami Orang Tersayang? Yuk Kenalan Sama Love Language!


 Memahami orang tersayang melalui pendekatan love language dapat menjadi salah satu cara membentuk hubungan yang baik. (Foto: Pexels) Perbesar

Memahami orang tersayang melalui pendekatan love language dapat menjadi salah satu cara membentuk hubungan yang baik. (Foto: Pexels)

RariaMedia.com – Mencintai dan dicintai adalah kebutuhan lahiriah kita sebagai manusia. Dengan memahami tipe love language diri sendiri dan pasangan, kamu dapat mengekspresikan rasa cintamu dengan cara yang membuat ia merasa nyaman.

Begitu pula sebaliknya, pasanganmu pun dapat menunjukkan rasa cintanya dengan cara yang kamu suka. Lalu, apa sebenernya yang disebut dengan love language?

Baca juga:  Film Kuntilanak 3 Siap Tayang di Bioskop Lebaran 2022

Istilah love language atau bahasa cinta pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Gary Chapman pada tahun 1992 melalui bukunya yang berjudul The Five Love Language: How To Express Heartfelt Commitment To Your Mate. Sederhananya, love language adalah kecenderungan cara seseorang dalam mengungkapkan kasih sayangnya ke orang lain.

Tidak hanya dalam konteks hubungan percintaan, love language ini dapat diterapkan ke hubungan yang bersifat umum, seperti ke keluarga ataupun sahabat. Yuk, kita telaah tipe-tipenya satu persatu! 

 

Word of Affirmation  

Word of Affirmation

Tipe word of affirmation lebih suka mengekspresikan cinta secara verbal (Foto: Pexels)

Orang-orang dengan tipe ini akan lebih banyak mengekspresikan rasa cintanya melalui verbal. Ia juga akan merasa lebih dicintai jika seseorang menunjukkan rasa cinta kepadanya melalui kalimat-kalimat positif seperti kata pujian, apresiasi, ataupun dukungan.

Pemilik tipe word of affirmation cenderung sensitif dengan pemilihan kata-kata. Jadi, jika pasanganmu termasuk ke dalam tipe ini, cobalah untuk lebih sering memberikan kalimat positif, seperti mengucapkan kalimat penyemangat setelah dia lelah bekerja ataupun sesederhana mengucapkan “I love you”.

 

Quality Time 

Tips quality time

Tipe quality time akan lebih suka menghabiskan waktu berdua bersama pasangannya (Foto: Pexels)

Jika kamu suka menghabiskan waktu berdua bersama pasangan walau tidak ada hal yang dilakukan sekalipun, bisa jadi kamu termasuk pemilih bahasa cinta quality time. Ciri utama dari tipe ini adalah menyukai momen kebersamaan.

Biasanya, orang-orang dengan tipe quality time akan merasa ter-connected dengan pasangan saat melakukan aktivitas bersama, seperti deep talk, curhat, memasak bersama, menonton film, dan lain-lain.  

 

Act of Service 

Memahami Act of Service

Tindakan nyata menjadi bentuk kasih sayang yang disukai tipe act of service (Foto: Pexels)

Berkebalikan dengan words of affirmation yang menyukai bentuk kasih sayang secara verbal, ucapan “I love you” justru tidak terlalu berarti bagi mereka dengan tipe bahasa cinta act of service. Alih-alih ucapan, tipe ini lebih menyukai tindakan nyata.

Orang dengan tipe ini bisa jadi jarang mengungkapkan kasih sayangnya melalui verbal, tetapi menunjukkannya melalui tindakan.

Jadi, jika pasanganmu terkesan cuek, belum tentu karena mereka tidak sayang. Bisa jadi karena ia memang lebih suka mengekspresikan perasaannya melalui tindakan, seperti mengantar jemputmu atau membelikan obat saat kamu sakit.   

 

Physical Touch  

Physical Touch yang baik

Kontak fisik menjadi bentuk kasih sayang dari tipe physical touch (Foto: Pexels)

Pemilik bahasa cinta ini akan lebih sering menunjukkan kasih sayangnya melalui kontak fisik. Salah satu tandanya adalah mereka merasa nyaman ketika berada dekat dengan pasangan dan melakukan kontak fisik yang intens seperti menggenggam tangan ataupun memeluk.

Ketika sedang merasa lelah ataupun mengalami kondisi yang tidak menyenangkan, orang-orang yang memiliki bahasa cinta physical touch akan merasa “lebih baik dan tenang” apabila memperoleh sentuhan fisik dari orang tersayangnya. Kontak fisik tersebut membuat mereka merasakan kedekatan yang hangat dan menenangkan. 

 

Baca juga:  Terinspirasi dari Pandemi, Anneth Delliecia Sampaikan Takkan Berhenti Mencintaimu

Receiving Gift 

Rekomendasi Hadiah untuk Receiving Gift

Tipe receiving gift akan senang ketika menerima hadiah dari pasangannya (Foto: Pexels)

Terakhir, menerima hadiah. Dalam benak orang-orang yang memiliki bahasa cinta ini, hadiah adalah simbol dari rasa sayang. Karena itu, mereka cenderung akan merasa diperhatikan ketika mendapatkan hadiah dari pasangan.

Begitupun sebaliknya, ia akan menunjukkan rasa sayangnya dengan memberikan hadiah-hadiah tertentu. Hadiah dalam konteks ini tidak melulu berupa barang-barang mahal. Jika pasanganmu termasuk tipe ini, kamu dapat menyesuaikan dengan sifat kepribadian, kebutuhan, dan hal-hal yang menjadi kesukaan pasanganmu.  

Artikel ini telah dibaca 92 kali

Baca Lainnya

Punya Jadwal yang Sangat Padat, Begini Cara Vierratale untuk Jaga Kesehatan

22 November 2022 - 15:45 WIB

Vierratale Kesehatan

Sering Manggung di Musim Pancaroba, Begini Tips HIVI! untuk Jaga Kesehatan

21 September 2022 - 12:09 WIB

HIVI! Tips Kesehatan

Jangan Sampai Tertipu, Ini 4 Cara Mendeteksi Orang yang Sedang Berbohong

3 Maret 2022 - 15:13 WIB

Tips mendeteksi kebohongan

Belajar dari The Tinder Swindler, Ini Tips Kencan Aman di Dating Apps

10 Februari 2022 - 08:14 WIB

The Tinder Swindler

Hati-hati, Ini 5 Tanda Relationship Red Flags yang Perlu Diwaspadai!

1 Januari 2022 - 16:14 WIB

Tanda Red Flags

Digital Decluttering: Yuk, Bersihkan Sampah Tersembunyi di Ponselmu!

15 Desember 2021 - 08:00 WIB

Digital decluttering
Trending di Life
X