Techno & Science

Senin, 9 Maret 2020 - 18:25 WIB

3 bulan yang lalu

logo

LTMPT Resmi Putuskan UTBK 2020 Bisa Diikuti Dua Kali

LTMPT meresmikan kebijakan baru perihal pemdaftaran dan pelaksanaan UTBK tahun 2020. (Foto: jawapos.com)

LTMPT meresmikan kebijakan baru perihal pemdaftaran dan pelaksanaan UTBK tahun 2020. (Foto: jawapos.com)

RariaMedia.com – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi merilis kebijakan baru perihal pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020. Dalam kebijakan baru tersebut, LTMPT memutuskan untuk membolehkan peserta untuk mengikuti UTBK sebanyak dua kali.

Pada kebijakan sebelumnya, pelaksanaan UTBK tahun ini direncanakan hanya bisa diikuti sekali untuk setiap peserta.

Baca juga:  Genap 10 Tahun, Inilah 5 Fitur Lama Android yang Masih Ada Hingga Sekarang

Namun, melalui siaran pers Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih, Senin (9/3/2020), peserta kembali diperbolehkam ikut ujian dua kali seperti pada tahun sebelumnya, salkan masih dalam kelompok ujian yang sama.

Seperti diketahui, ada tiga kelompok ujian dalam UTBK, yakni kelompok ujian sosial humaniora (soshum), sains dan teknologi (saintek), dan campuran.

Bagi peserta yang hendak mengikuti tes UTBK untuk kedua kalinya, kelompok ujian yang diambil harus sama antara tes UTBK tahap ke-1 dan tes UTBK tahap ke-2. Jadi, tes UTBK tahap ke-2 kelompok ujian soshum hanya bisa diikuti peserta tes UTBK tahap tahap ke-1 kelompok ujian soshum juga. Begitu juga dengan kelompok ujian saintek maupun kelompok ujian campuran.

Untuk UTBK tahun ini sendiri akan dibuka pendaftaran dan pelaksanaannya dengan jadwal sebagai berikut:

  • UTBK Tahap 1
    Pendaftaran: 30 Maret – 11 April 2020
    Tes: 20 April – 26 April 2020
  • UTBK Tahap 2
    Pendaftaran: 14 April – 16 April 2020
    Tes: 1 – 3 Mei 2020

Dalam siaran pers tersebut pula, LTMPT menjabarkan biaya yang diperlukan untuk mendaftar. Setiap pendaftar nantinya diharuskan membayar biaya sebesar Rp 200 ribu (kelompok saintek/Soshum) dan Rp 300 ribu (kelompok campuran) untuk setiap tahapnya.

Sementara itu, hasil UTBK tahap ke-1 dan tahap ke-2 akan diumumkan serentak pada tanggal 12 Mei 2020. Jadi, peserta UTBK tahap 1 tidak dapat mengetahui terlebih dahulu bagaimana hasil yang didapatkan sebagai pertimbangan untuk mengikuti UTBK tahap 2. Bila merasa gagal atau tidak bisa mengerjakan soal di UTBK tahap 1, maka disarankan untuk ikut mendafatar UTBK tahap 2.

Baca juga:  Ribuan Orang Menyemarakkan Angan Melalui Acara BKUI19

“Pengumuman dilakukan bersamaan tanggal 12 Mei. Bila merasa tidak bisa mengerjakan soal karena sedang dalam kondisi tidak sehat atau yang lain, maka peserta bisa mendaftar ikut UTBK yang kedua,” ujar Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto, dilansir dari laman Detik.com, Senin (9/3/2020).

Kebijakan baru pelaksanaan UTBK sebanyak dua kali ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 Tahun 2020 yang diteken Mendikbud Nadiem Makarim tanggal 24 Januari 2020.

Artikel ini telah dibaca 962 kali

Baca Lainnya
X