Menu

Mode Gelap
 

Life · 25 Okt 2021 08:00 WIB

Mengenal Frugal Living, Gaya Hidup yang Bisa Bikin Tajir Melintir


 Frugal living menjadi gaya hidup yang sering digunakan banyak miliarder untuk mengelola keuangannya sehingga lebih hemat dan sehat. (Foto: Pexels) Perbesar

Frugal living menjadi gaya hidup yang sering digunakan banyak miliarder untuk mengelola keuangannya sehingga lebih hemat dan sehat. (Foto: Pexels)

RariaMedia.com – Frugal living merupakan salah sagu cara yang sering dilakukan oleh banyak miliarder di dunia untuk mengumpulkan pundi-pundi kekayaannya. Gaya hidup yang menerapkan prinsip “secukupnya dan seperlunya” tersebut membuat mereka sepenuhnya menyadari dan mampu mengontrol keluar-masuknya uang.

Alih-alih membelanjakan uang secara sesuka hati, mereka lebih sering menaruh uangnya untuk ditabung atau diinvestasikan. Hal tersebut tentunya membuat keuangan mereka menjadi lebih sehat. Lalu, bagaimana cara memulai frugal living? Yuk, kita simak!

Baca juga:  Listrik Sering Padam, Ini Tips Hemat Baterai Smartphone Agar Lebih Awet

Lakukan budgeting dan bagilah uangmu ke dalam beberapa pos pengeluaran

Tips Keuangan

Membagi pengeluaranmu ke dalam beberapa pos akan membuat keuanganmu menjadi lebih sehat. (Foto: Pexels)

Syarat paling mutlak untuk menerapkan gaya hidup frugal living adalah memantau kemana saja uangmu pergi. Oleh karena itu, buatlah budget bulanan untuk mencegah overspending.

Terdapat beberapa aplikasi pencatat pengeluaran dan pemasukan yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam melakukan budgeting. Walaupun terkesan ribet, tapi percayalah, cara ini dapat memangkas cukup banyak pengeluaran “tak kasat mata” yang kerap kamu alami. 

 

Bedakan keinginan dan kebutuhan

Tips Hemat

Memilih dan membeli barang sesuai kebutuhan akan membuatmu lebih hemat. (Foto: Pexels)

Ketika ingin membelanjakan uangmu, cobalah untuk berpikir dan mempertimbangkan lagi apakah barang tersebut benar-benar akan kamu gunakan atau hanya sekadar lapar mata.

Begitupun saat melakukan pembelian yang membutuhkan dana cukup besar, cobalah untuk menimbang-nimbang selama beberapa hari. Kamu juga bisa membandingkan harga antar toko untuk mendapatkan harga terbaik.

Di samping itu, pangkaslah pengeluaran tersier yang tidak betul-betul kamu perlukan. Kamu bisa memilah lagi daftar langganan hiburan atau layanan lain dan pilih yang memang sering atau perlu kamu gunakan.

 

Belilah barang yang berkualitas

Tips Frugal Living

Membeli barang berkualitas akan membuatmu cenderung lebih hemat. (Foto: Pexels)

Meskipun terkesan mahal di awal, barang berkualitas cenderung memiliki usia yang lebih panjang sehingga kamu tidak perlu membeli barang baru lagi terlalu sering. Oleh karena itu, cobalah untuk menunda kebahagiaanmu sejenak hingga danamu cukup untuk membeli barang berkualitas.

Pastikan kamu juga tidak asal beli, akan lebih baik lagi jika kamu melakukan riset terlebih dahulu atau menanyakan detail spesifikasi barang yang kamu inginkan kepada penjual.

Baca juga:  Usai Jadi Runner Up, Mark Natama Unjuk Diri Lewat Single Jago Cemburu

Simpan tabungan di berbagai instrumen investasi

https://images.pexels.com/photos/669610/pexels-photo-669610.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&dpr=2&h=650&w=940

Pengelolaan keuangan akan lebih mudah jika kamu menetapkan batas minimal menabung di setiap bulannya. Jadi, ketika kamu mendapatkan uang di awal bulan, kamu bisa langsung memangkas uangmu dan meletakkannya di berbagai instrumen investasi seperti reksadana dan emas.

Selain jatah menabung, bayarkan pula kewajiban-kewajibanmu di awal sehingga sisa uang yang kamu pegang nantinya memang uang yang bisa kamu belanjakan.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

Read More

Viral Keramas Pakai Kopi di TikTok, Berikut Manfaat Kopi dan Risikonya bagi Rambutmu!

30 Oktober 2021 - 15:08 WIB

Kopi keramas

Kenali Dopamine Detox, Langkah Positif untuk Menjaga Produktivitas

14 Oktober 2021 - 08:00 WIB

Dopamine Detox

Lagu “Dinda Jangan Marah-Marah” Viral, Berikut 3 Hal yang Bisa Bikin Cewekmu Marah!

24 September 2021 - 07:00 WIB

Cewek Marah

Bukan Hanya Skincare, 4 Tipe Self Care Ini Juga Tak Kalah Penting!

18 September 2021 - 10:18 WIB

Self Care

Selain Menyehatkan Tubuh, Ini Manfaat Lain Kombucha untuk Kulitmu!

4 September 2021 - 08:00 WIB

Manfaat Kombucha

Drama Nevertheless Tamat, 3 Perilaku Toxic Ini Perlu Diwaspadai!

22 Agustus 2021 - 19:43 WIB

Nevertheless Toxic
X