Mengintip Indahnya Penajam Paser Utara, Si Ibu Kota Baru Indonesia

0
737
Penajam Paser Utara

RariaMedia.com – Presiden Republik Indonesia baru saja mengumumkan secara resmi nama wilayah yang akan dijadikan sebagai Ibu Kota baru Indonesia pada Senin, (26/8/2019) lalu.

Hal itu disambut ramai oleh warganet dengan berbagai macam tanggapan. Selain itu, nama Penajem Paser Utara juga menjadi ramai dibicarakan lantaran merupakan lokasi yang resmi diumumkan menjadi Ibu Kota oleh Presiden Jokowi.

Baca juga:  5 Objek Wisata Ini Cocok Untuk Memacu Adrenalin. Berani Coba?

Penajem Paser Utara sendiri merupakan salah satu nama kota yang terdapat dalam wilayah provinsi Kalimantan Timur yang memiliki keindahan yang memanjakan mata. Berikut ini kami sajikan daftar objek wisata Ibu Kota baru Indonesia tersebut.

 

1. Wisata Mangrove Tanjung Penajam Paser Utara

Objek Wisata Penajam Paser Utara
Hutan Mangrove PPU (liputan6.com)

Berlokasi di Ekowisata Mangrove Penajam Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), jembatan yang dikelilingi tumbuhan bakau jadi panorama dominan di sini.

Jika beruntung, para pengunjung dapat melihatdari dekat hewan-hewan yang hidup di sekitar kawasan mangrove. Berjalan-jalan di bawah rindang tumbuhan bakau jadi opsi wisata yang bisa dinikmati di PPU.

Beberapa spot foto Instagram yang kece di Wisata Mangrove Tanjung Penajam Paser Utata ini sering kali dimanfaatkan sebagai lokasi swafoto oleh para wisatawan. Tempat ini jadi destinasi wisata yang bisa dinikmati, baik dengan keluarga, teman, maupun pasangan.

 

2. Pantai Nipah-Nipah

 

View this post on Instagram

 

A post shared by kak_paul (@ypaulin72) on


Dengan topografi pesisir yang landai, para pengunjung Pantai Nipah-Nipah akan langsung disambut debur ombak, hamparan pasir, serta sepoinya angin laut.

Berada tak terlalu jauh dari pusat kota, dari sini, pengunjung bisa menikmati kerlip lampu kota Balikpapan di malam hari. Jadi, pemandangannya tak berhenti saat matahari terbenam di batas cakrawala.

.

3. Pantai Tanjung Jumlai

 

View this post on Instagram

 

A post shared by I Putu Agung Sudarmawan (@putu_agung73) on


Pantai Tanjung Jumlai merupakan salah satu detinasi wisata populer di Kabupaten Panajam Paser Utara. Meskipun sudah sejak lama dibuka untuk umum, pantai yang satu ini masih saja ramai dikunjungi para wisatawan.

Di sekitar pantai, selain ramai dengan permukiman warga, terdapat pula pusat kuliner dengan ragam pilihan makanan menggoda selera. Pantai ini akan sangat padat di waktu-waktu libur, baik akhir pekan maupun libur nasional.

 

4. Pantai Corong

 

View this post on Instagram

 

A post shared by hendra/Travel Enthusiast (@hndrarwl) on


Pantai ketiga yang tak kalah indah dari dua pantai sebelumnya adalah Pantai Corong. Pantai yang terletak di Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara ini menjadi satu kawasan favorit yang sering dikunjungi oleh para warga lokal.

Ketika hari libur atau pada akhir pekan, banyak warga lokal yang datang bersama keluarga untuk bersantai menikmati keindahan Pantai Corong.

Tidak hanya itu, Pemerintah setempat juga sering menyelenggarakan beberapa acara besar di Pantai Corong, salah satunya adalah Festival Layang-layang bertaraf Internasional.

 

5. Air Terjun Niagara Tembinus

Air Terjun Tambinus
Air terjun Tambinus (nativeindonesia.com)

Air Terjun Niagara Tembinus adalah tempat wisata air terjun yang terletak di kawasan Hak Guna Usaha (HGU) PT. ITCI Hutani Manunggal, hutan konservasi di Penajam Paser Utara (PPU).

Menuju objek wisata air terjun ini cukup melelahkan karena kamu harus melewati jalan logging selama kurang lebih satu jam.

Baca juga:  3 Destinasi Wisata di Jakarta yang Bisa Dikunjungi di Sisa Cuti Bersama Lebaran

Tidak hanya itu, untuk mencapai air terjun ini kamu juga harus menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih satu kilometer.

Berada di kawasan hutan konservasi, Air Terjun Niagara Tembinus akan memberikan pesona alam yang luar biasa yang bisa kamu kunjungi dan semua kelelahan kamu selama perjalanan terbayarkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here