Musim Hujan Tiba, Yuk Konsumsi 10 Makanan Ini Agar Tidak Mudah Sakit!

0
634
Musim hujan

RariaMedia.com – Memasuki musim hujan, bukan hanya payung atau jas hujan yang harus dipersiapkan. Tubuh kita juga harus dipersiapkan dengan mengonsumsi makanan yang baik agar tetap sehat.

Di musim hujan, kondisi kesehatan berisiko untuk menurun. Karena itu, dilansir dari Stylecraze (3/12/2018), berikut ini 10 makanan yang bagus dikonsumsi saat musim hujan.

Baca juga:  3 Hal Ini Sebabkan Banyak Orang Jatuh Sakit Setelah Lebaran

1. Jahe

Jahe yang hangat bisa meningkatkan metabolisme tubuh, terutama saat hujan. Minumlah bersama teh atau bersama dengan air hangat dan lemon. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan madu agar lebih nikmat.

 

2. Pir

Selain menjadi sumber serat yang baik, pir juga mengandung tembaga, vitamin C, serta vitamin B12. Selain itu, pir merupakan antipiretik alami yang dapat membantu mendinginkan tubuh saat demam.

Musim Hujan
Kacang Almond (harvard.edu)

3. Almond

Jenis kacang-kacangan ini merupakan salah satu sumber protein yang baik dan rendah lemak. Almond mampu meningkatkan fungsi pencernaan dan menjaga kadar gula tetap terkendali.

 

4. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan antioksidan dan  dapat meningkatkan imunitas. Bawang putih juga mampu meringankan sistem pencernaan serta memastikan tingkat metabolisme tidak turun. Carilah cara paling enak dalam mengonsumsinya. Misalnya dalam masakan nasi atau sup panas.

Musim Hujan
Kunyit (hellosehat.com)

5. Kunyit

Rempah-rempah kuning keemasan ini merupakan penguat imunitas yang baik. Kunyit juga bisa menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali. Kamu bisa mengonsumisnya dengan segelas susu dengan setengah sendok teh susu dan satu sendok madu.

 

6. Lada Hitam

Lada hitam cocok dikonsumsi dalam sup atau makanan lain dan mampu menangkal demam, batuk, pilek, nyeri otot, flu, dan berbagai masalah pernapasan.

Musim hujan
Air putih (tribunnews.com)

7. Air Putih

Menjaga tubuh tetap terhidrasi saat musim hujan sangatlah penting. Kekurangan air menempatkan kamu pada risiko terkena penyakit yang tinggi. Selain itu, pilihlah air hangat untuk menjaga metabolisme.

 

8. Buah Delima

Pomegranate atau buah delima mengandung vitamin C. Buah ini memastikan protein dalam tubuh dimetabolisme dengan baik. Sehingga, sistem pencernaan kamu sehat serta kekebalan tubuh bisa membantu mencegah berbagai penyakit.

Musim Hujan
Apel (tribunnews.com)

9. Apel

Apel mengandung berbagai vitamin yang cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan selama hujan. Ini juga akan memastikan sistem pencernaan kamu berfungsi dengan baik.

Baca juga:  3 Minuman Sehat Untuk Temani Nonton Piala Dunia 2018

10. Buah Bit

Buah bit mengandung vitamin, mineral, potasium, serat, dan asam folat. Selain itu, buah bit juga rendah kalori dan cocok untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here