Menu

Mode Gelap
 

Techno & Science · 25 Mar 2021 07:45 WIB

Netizen Indonesia Bersatu, 6 Pihak Ini Jadi Korbannya


 Indonesia menjadi salah satu negara dengan netizen terbanyak dan berpengaruh di dunia. Bahkan, banyak pihak yang telah menjadi korbannya. (Foto: unsplash.com) Perbesar

Indonesia menjadi salah satu negara dengan netizen terbanyak dan berpengaruh di dunia. Bahkan, banyak pihak yang telah menjadi korbannya. (Foto: unsplash.com)

RariaMedia.com – Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia. Tercatat, Indonesia memiliki penduduk sebanyak 274,9 juta jiwa yang 170 juta jiwa di antaranya merupakan pengguna aktif media sosial.

Baru-baru ini, netizen atau pengguna internet di Indonesia kembali menuai sorotan dunia. Tak sedikit pihak yang turut menjadi korban dari kekuatan dan ganasnya netizen Indonesia tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, setidaknya sudah ada enam pihak yang telah menjadi korban. Keenam pihak tersebut merupakan individu dan lembaga yang berasal dari luar Indonesia. Siapa sajakah mereka?

Baca juga:  Ini Alasan dan Kronologi Drakor Racket Boys Dianggap Lecehkan Indonesia

1. Dayana

Dayana Fiki

Dayana yang dulu sempat dipuji, kini dihujat oleh netizen Indonesia. (Foto: liputan6.com)

Sekitar bulan Januari lalu, sosok wanita asal Kazakhstan bernama Dayana menjadi populer di Indonesia. Kepopulerannya tersebut dimulai ketika dirinya muncul dalam konten Youtube milik Fiki Naki.

Saat itu, mereka terhubung melalui aplikasi panggilan video acak OmeTV. Dalam video yang saat ini telah dihapus, Dayana mengajak Fiki Naki untuk menikah. Hal itu pun membuat video  tersebut viral dan membuat banyak warganet yang penasaran dengan Dayana. Akun Instagram milik Dayana pun mengalami peningkatan followers dari yang hanya 2.000 menjadi 2,2 juta hanya dalam waktu beberapa hari.

Beberapa minggu setelahnya, netizen berbalik arah dan menyerbu Dayana dengan hujatan. Hal itu dilatarbelakangi kekecewaan mereka atas jawaban Dayana saat ditanya kapan ia akan datang ke Indonesia. Dayana justru menjawab bahwa ia tidak ingin ke Indonesia dan merasa lebih terkenal di Rusia. Kini, followers Dayana hanya tersisa 1,2 jut dan masih sering diserbu komentar kekecewaan.

 

2. Microsoft

Microsoft Dihujat

Microsoft menjadi korban keganasan netizen Indonesia setelah merilis laporan. (Foto: minenews.id)

Salah satu raksasa teknologi dunia ini menjadi korban keganasan netizen RI selanjutnya. Hal ini bermula ketika Microsoft merilis laporan mengenai tingkat kesopanan di dunia maya pada Februari lalu. Berdasarkan laporan tersebut, Indonesia menempati peringkat 29 dari 32 negara.

Tak terima dengan laporan tersebut, netizen RI berbondong-bondong menyerbu Instagram milik Microsoft. Mereka menunjukkan rasa kekecewaan dan bahkan tak sedikit yang justru seolah “membuktikan” hasil laporan yang dirilis.

 

3. Pria asal Korea Selatan

Pria Korsel Rasis

Sosok pria asal Korea Selatan yang rasis terhadap wanita asal Indonesia. (Foto: bonepost.com)

Setelah Dayana, kini muncul sosok baru dari OmeTV yang juga menjadi incaran warganet. Kali ini, seorang pria asal Korea Selatan memicu kemarahan lantaran bertindak rasis dan merendahkan wanita asal Indonesia bernama Indah Asmigianti.

Hal itu membuat netizen geram dan mencari tahu akun Instagram milik pria tersebut. Akun yang diduga milik pria Korea Selatan itu berhasil ditemukan dan akhirnya meminta maaf atas perbutannya. Ia mengaku terganggu karena perbuatan rasisnya telah menjadi pemberitaan di Korea Selatan.

 

4. GothamChess

Gotham Chess Dewa Kipas

Akun Instagram GothamChess menjadi korban serangan netizen Indonesia karena dianggap menuduh Dewa_Kipas melakukan kecurangan. (Foto: sindonews.net)

Akun GothamChess milik pria bernama Levy Rozman di situs Chess.com menjadi perbincangan setelah kalah dalam pentandingan catur virtual dengan akun Dewa_Kipas milik Dadang Subur yang berasal dari Indonesia. Hal itu membuat para pendukung GothamChess menyerang dan melaporkan akun Dewa_Kipas karena diduga melakukan kecurangan.

Tak tinggal diam, netizen negara berkode +62 pun melakukan pembalasan dengan menyerbu akun Instagram GothamChess. Namun, saat ini situasi telah melunak setelah Ali Akbar, putra Dadang Subur, telah sepakat berdamai dengan Levy dan meminta pendukung kedua pihak untuk berdamai juga.

 

5. All England

All England 2021

Akun Instagram resmi milik All England tumbang setelah diserang netizen Indonesia. (Foto: indosport.com)

Tim bulutangkis Indonesia didiskualifikasi dalam ajang All England 2021 setelah diduga berada dalam satu penerbangan dengan penderita Covid-19. Padahal, dari informasi yang beredar hasil tes dari seluruh pemain dan tim Indonesia dinyatakan negatif. Tak hanya itu, panitia juga dianggap memperlakukan tim Indonesia dengan diskriminatif.

Netizen Indonesia pun menjadi marah dan menyerbu akun media sosial All England. Seluruh postingan mengenai penyelenggaraan All England 2021 di akun tersebut pun dipenuhi komentar berisi hujatan dan ungkapan kekesalan. Bahkan, saat ini akun resmi milik All England itu pun telah hilang di Instagram.

Baca juga:  Resmi Rilis di Indonesia, Ini Harga Realme X

6. BWF

BWF

Presiden BWF akhirnya meminta maaf dan menyesal setelah diserang netizen RI. (Foto: voi.id)

Masih terkait dengan penyelenggaraan All England 2021, akun media sosial milik Badminton World Federation (BWF) juga ramai diserbu warganet. BWF dianggap lalai dalam menyelenggarakan ajang tersebut. Bahkan, banyak pihak yang menduga bahwa BWF sengaja mendiskualifikasi Indonesia agar tidak bisa bertanding dalam ajang tersebut.

Setelah diserang, federasi tertinggi bulutangkis dunia itu akhirnya menyampaikan permohonan maafnya melalui surat yang dikirimkan pada Minggu(21/3/2021). Dalam surat yang ditandatangani oleh Presiden BWF Poul-Erik Hoyer, mereka secara khusus meminta maaf sekaligus menyampaikan penyesalan dan kekecewaannya atas kejadian yang menimpa atlet Indonesia di All England 2021.

Namun, surat tersebut tidak diterima begitu saja dengan mudah dan menyudahi permasalahan ini. Para warganet masih menyerbu akun media sosial milik BWF dan mendesak agar ada tindakan nyata yang dilakukan selain hanya sekadar minta maaf.

Artikel ini telah dibaca 146 kali

Read More

Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi Lengkap Varian iPhone 13

15 September 2021 - 08:43 WIB

PPSMB Jadi Trending Twitter, Netizen: Kirain Pengganti PPKM

3 Agustus 2021 - 11:21 WIB

GoTo: Hasil Resmi Merger Gojek dan Tokopedia

17 Mei 2021 - 15:25 WIB

GoTo Gojek Tokopedia

Aturan Baru Google, Data Milik Akun yang Tak Aktif Akan Dihapus

19 Desember 2020 - 10:00 WIB

Infinix Hot 10 Resmi Dirilis, Ini Harga dan Spesifikasinya

23 Oktober 2020 - 06:00 WIB

Telkom Group Resmi Cabut Blokir Netflix

7 Juli 2020 - 15:12 WIB

Netflix Telkom Group
Popular on Techno & Science
X