Techno & Science

Selasa, 24 Maret 2020 - 13:24 WIB

5 bulan yang lalu

logo

Sah! UN 2020 Resmi Ditiadakan Akibat Virus Corona

Presiden Jokowi resmi meniadakan UN 2020 sejalan dengan usulan Komisi X DPR, BSNP, dan Kemdikbud. (Foto: menpan.go.id)

Presiden Jokowi resmi meniadakan UN 2020 sejalan dengan usulan Komisi X DPR, BSNP, dan Kemdikbud. (Foto: menpan.go.id)

RariaMedia.com – Presiden Joko Widodo akhirnya resmi memutuskan untuk meniadakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2020. Keputusan ini diambil sejalan dengan langkah pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) yang ada di Indonesia.

“Presiden Joko Widodo memutuskan meniadakan ujian nasional (UN) untuk tahun 2020 yang sebelumnya sudah ada kesepakatan UN dihapus mulai tahun 2021,” kata Jubir Presiden Fadjroel Rachman seperti dilansir dari Detik.com, Selasa (24/3/2020).

Baca juga:  Sudah Resmi, Ini Harga Oppo Find X di Indonesia

Keputusan ini sebagai bagian dari sistem respon wabah Covid-19 yang salah satunya adalah pengutamaan keselamatan kesehatan rakyat. Seperti yang telah disampaikan bahwa sistem respon Covid-19 adalah menyelamatkan kesehatan rakyat, daya tahan sosial dan dunia usaha.

“Peniadaan UN menjadi penerapan kebijakan social distancing (pembatasan sosial) untuk memotong rantai penyebaran virus Corona SARS 2 atau Covid-19. Penegasan ini disampaikan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas dengan pembahasan Ujian Nasional, Selasa 24 Maret 2020 melalui video conference,” kata Fadjroel.

Baca juga:  UN Dihapus Jadi Salah Satu Program Merdeka Belajar Ala Nadiem Makarim

Ditiadakannya UN tahun ini berlaku di tingkat SD, SMP, SMA, serta MI, Mts, dan MA.  Keputusan ini sejalan dengan usulan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Komisi X DPR, dan Kementerian Pendidikan.

Hal ini menjadikan pelaksanaan UN dihapus lebih cepat setahun dari kebijakan sebelumnya. Seperti diketahui, sebelumnya pemerintah baru akan menghapus pelaksanaan UN pada 2021 mendatang.

Writer

Artikel ini telah dibaca 2231 kali

Baca Lainnya
X