Life

Sabtu, 6 Maret 2021 - 10:27 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Sering Mengantuk di Pagi Hari? Ini Cara Mudah Mengatasinya!

Mengantuk di pagi hari bisa membuat konsentrasi menjadi sulit. Untuk mengatasinya, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan. (Foto: tirto.id)

Mengantuk di pagi hari bisa membuat konsentrasi menjadi sulit. Untuk mengatasinya, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan. (Foto: tirto.id)

RariaMedia.com – Rasa mengantuk bisa muncul kapan saja dan bahkan di mana saja. Sebagian dari kita sering kali justru mengantuk di pagi hari ketika baru bangun tidur.

Rasa mengantuk di pagi hari itu ternyata merupakan hal yang wajar, lho. Sebab, pada saat itu tubuh baru saja pulih dari tidur dan otak sedang melakukan persiapan sebelum memulai aktivitas sehari-hari.

Baca juga:  5 Tips Kurangi Porsi Makan Tanpa Kelaparan

Meskipun demikian, jika hal itu terjadi secara terus-menerus, rasa mengantuk di pagi hari bisa saja membuat kita sulit berkonsentrasi. Kurangnya konsentrasi tersebut akan mengganggu aktivitas dan performa kita dalam menjalani hari.

Rasa mengantuk di pagi hari ini ternyata dapat diatasi dengan berbagai cara. Berikut ini kami berikan beberapa cara mudah untuk mengatasi rasa mengantuk di pagi hari yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Memperbaiki waktu dan kualitas tidur

Rasa mengantuk di pagi hari ini biasanya disebabkan kurangnya waktu dan kualitas tidur. Oleh karena itu, cara pertama yang harus dilakukan adalah memperbaiki kedua hal tersebut.

Kita dapat menyingkirkan semua hal yang dapat mengganggu tidur seperti smartphone dan televisi setidaknya satu jam sebelum tidur. Selain itu, kita juga dapat berhenti mengonsumsi makanan setidaknya dua jam sebelum tidur. Dengan melakukan kedua hal tersebut, setidaknya dapat membantu meningkatkan waktu dan kualitas tidur kita.

 

2. Minum air mineral saat bangun tidur

Ketika bangun tidur, cobalah untuk meminum 1-2 gelas air mineral untuk menggantikan cairan tubuh kita yag hilang selama tidur.  Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, kita akan merasa lebih segar dan juga dapat menghindarkan diri dari risiko dehidrasi.

 

3. Sarapan dengan makanan yang sehat dan bergizi

Tips Atasi Rasa Mengantuk

Sarapan dengan makanan yang bergizi dapat membuat tubuh menjadi lebih berenergi. (Foto: unsplash.com)

Sarapan dengan makanan yang sehat dan bergizi juga dapat memberikan energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain makanan sehat dan bergizi, usahakan juga untuk menghindari makanan dengan tambahan gula karena dapat memicu penurunan glukosa dan membuat kita merasa lelah.

 

4. Menikmati sinar matahari pagi

Sinar matahari pagi dipercaya dapat membuat tubuh menjadi terasa lebih segar. Oleh karena itu, usahakan untuk menerima paparan sinar matahari pagi selama 5-15 menit setiap harinya.

Baca juga:  5 Tips Ini Dapat Turunkan Berat Badan Hanya dalam Seminggu

5. Berolahraga secara rutin

Salah satu hal yang juga menyebabkan rasa mengantuk di pagi hari adalah kurangnya berolahraga. Oleh karena itu, kita harus berolahraga secara rutin selama 30 menit setiap harinya atau minimal 3 kali dalam seminggu. Olahraga yang bisa kita lakukan antara lain adalah yoga, zumba, atau latihan kekuatan otot.

Artikel ini telah dibaca 1303 kali

Baca Lainnya
X