Food & Travel Health

Sabtu, 21 September 2019 - 07:30 WIB

10 bulan yang lalu

logo

Sering Mual Usai Minum Susu? Ini Cara Mengatasinya!

RariaMedia.com – Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang dibutuhkan tubuh dalam menjaga kesehatan tulang. Namun, faktanya sebagian besar orang Indonesia enggan mengonsumsi susu karena efek mual yang dirasakan.

Hal ini dikarenakan sebagian besar orang Indonesia mengidap intoleransi laktosa yang membuat ragu untuk konsumsi susu. Intoleransi laktosa adalah masalah pencernaan yang terjadi ketika tubuh tidak dapat mencerna laktosa yaitu bentuk gula yang terdapat pada susu dan produk olahannya.

Baca juga:  Indonesia Sukses Raih Peringkat Pertama Wisata Halal Dunia 2019

“Orang dengan intoleransi laktosa ini hasilkan enzim laktase dan menimbulkan berbagai gejala. Gejala biasanya timbul 30 menit hingga 2 jam setelah konsumsi makanan atau minuman yang mengandung laktosa, seperti mual, diare, kram perut, perut kembung, dan sering buang angin,” ujar nutritionist, dr. Haekal Anshari seperti dilansir dari Viva.co.id, (20/9/2019).

Dokter Haekal menjelaskan, untuk mengatasinya hal tersebut bukan dengan menghindari konsumsi susu dan produk olahannya, melainkan memilahnya dengan baik. Pilihan susu dan produk olahannya yang tepat bagi pengidap intoleransi laktosa bisa dengan konsumsi yoghurt.

“Yoghurt yang terbuat dari susu difermentasi oleh bakteri asam laktat sehingga aman bagi intoleransi laktosa. Kandungan asam laktat ini juga baik untuk menjaga kesehatan pemcernaam sehingga daya tahan tubuh meningkat,” jelasnya.

Baca juga:  Kepedasan Saat Makan? Cobalah 4 Cara Ampuh Ini Untuk Mengatasinya!

Bahkan, kandungan asam laktat di dalam yoghurt juga ampuh menurunkan tekanan darah hingga berat badan. Untuk yoghurt pada umumnya, turut memiliki kandungan baik yang terbukti mampu mencukupi kebutuhan tubuh.

“Susu dari yoghurt mengandung nutrisi kompleks seperti karbohidrat, lemak, kalsium, vitamin, dan mineral dengan manfaat jangka panjang yaitu menjaga tumbuh kembang, pelihara kesehatan tulang dan gigi, serta daya tahan tubuh,” ujarnya.

Artikel ini telah dibaca 1209 kali

Baca Lainnya
X