Health

Minggu, 20 September 2020 - 15:14 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Sering Overthinking? Yuk, Simak 3 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Overthinking yang dialami seseorang bisa terjadi karena beberapa hal dan cara mengatasinya pun berbeda-beda. (Foto: medium.com)

Overthinking yang dialami seseorang bisa terjadi karena beberapa hal dan cara mengatasinya pun berbeda-beda. (Foto: medium.com)

RariaMedia.com – Situasi yang serba tak menentu seperti yang terjadi di tengah pandemi saat ini membuat sebagian orang mengalami overthinking. Hal ini bisa berdampak pada kesehatan mental seseorang dan bahkan juga mengganggu kesehatan fisiknya.

Dalam sebuah hasil studi yang dilakukan oleh Universitas Michigan, ditemukan bahwa 73 persen dari golongan usia 25-35 tahun sering melakukan kebiasaan overthinking, begitu juga dengan 62 persen dari golongan usia 45-55 tahun. Sementara itu, dari hasil studi lainnya yang dilakukan di Inggris menyatakan bahwa overthinking dapat memberi dampak buruk pada kreativitas seseorang.

Baca juga:  Sering Mual Usai Minum Susu? Ini Cara Mengatasinya!

Lalu, apa sih yang sebenarnya menyebabkan overthinking ini? Dan bagaimana ya cara mengatasinya? Berikut ini kami rangkum tiga penyebab overthinking yang paling umum dan cara mengatasinya.

 

1. Membandingkan diri dengan orang lain

Salah satu penyebab overthinking yang paling sering adalah karena seseorang membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain. Biasanya, seseorang yang berusia sekitar 25 tahun akan lebih rentan mengalami quarter life crisis. Mereka akan lebih mudah dan sering membandingkan pencapaian yang sudah diraih orang lain dengan pencapaian yang diraihnya.

Mulai sekarang, berhentilah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Sebab, setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing yang tidak bisa disamakan satu dengan yang lainnya.

 

2. Masalah yang dihadapi tidak terlepas dari pikirannya

Masalah yang dihadapi  seseorang biasanya tidak terlepas dari pikirannya, sekalipun orang tersebut akan tidur. Maka banyak overthinker yang mengalami insomnia atau sulit tidur. Hal ini bisa menyebabkan penurunan kerja organ pada tubuh yang dapat menganggu kesehatan dan aktivitas sehari-hari.

Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan mengetahui terlebih dulu pikiran apa yang terjadi ketika sesuatu hal terjadi. Setelah itu, catat bagaimana perasaan yang tengah dirasakan setiap harinya. Lalu, tantang pikiran secara otomatis dengan mengingat bahwa tidak semua yang dipikiran merupakan fakta yang terjadi. Selanjutnya, gantilah pikiran yang salah tersebut dengan fakta yang sesungguhnya.

Baca juga:  Sudah Makan Berkali-Kali Tapi Masih Saja Lapar? Mungkin Ini Penyebabnya

3. Ketakutan dan kekhawatiran terhadap masa lalu

Overthinking bisa terjadi karena ketakutan dan kekhawatiran atas apa yang terjadi pada seseorang di masa lalunya secara terus menerus, sehingga hal ini menyebabkan pemikiran yang selalu menghantuinya.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ini adalah dengan mengubah pola pikir. Kamu harus menyadari bahwa terkadang tidak semua hal berjalan sesuai dengan keinginan. Mengubah pemikiran bahwa kegagalan bukan merupakan sebuah akhir, melainkan awal untuk pilihan baru, kesempatan baru, dan cara yang baru dalam hidup.

Selanjutnya, cobalah untuk tidak berdiam dalam masa lalu. Ambil pelajaran dari masa lalu, tetapi cobalah lepaskan kenangan dari masa lalu yang mungkin akan menganggu dan menjadikanmu overthinking.

Artikel ini telah dibaca 659 kali

Baca Lainnya
X