Techno & Science

Selasa, 7 Juli 2020 - 15:12 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Telkom Group Resmi Cabut Blokir Netflix

Akhirnya, Telkom Group resmi mencabut blokir untuk platform streaming video Netflix per hari ini. (Foto: zonautara.com)

Akhirnya, Telkom Group resmi mencabut blokir untuk platform streaming video Netflix per hari ini. (Foto: zonautara.com)

RariaMedia.com – Telkom Group resmi mencabut blokirnya terhadap platform streaming video Netflix. Terhitung mulai hari Selasa (7/7/2020), seluruh pelanggan layanan internet Telkom mulai dari IndiHome, Telkomsel, hingga wifi.id akhirnya bisa mengakses Netflix tanpa perlu menggunakan VPN.

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” jelas Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo dikutip dari Liputan6.com, Selasa (7/7/2020).

Baca juga:  6 Game Online Ini Masuk Dalam Asian Games 2018, Apa Saja?

Menurut Arif, Netflix dianggap telah menunjukkan komitmennya untuk dapat diterima masyarakat Indonesia. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan memastikan ketersediaan fitur pembatasan akses atas tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan, seperti parental control.

Selain fitur pembatasan akses, Telkom menganggap Netflix telah menyediakan mekanisme untuk penanganan keluhan pelanggan. Mekanisme ini termasuk bersedia untuk menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam atau sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan oleh pihak berwenang.

Netflix juga disebut telah menyepakati komitmen menerapkan “Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN”. Salah satu yang dilakukan adalah dengan tidak menayangkan konten terlarang seperti konten yang melanggar hak cipta, mengandung pornografi anak, terorisme, melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), dan konten yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

“Ke depannya Telkom berharap agar Netflix dapat lebih berperan pada kemajuan perfilman nasional dengan memperbanyak tayangan produk konten lokal,” lanjut Arif.

Baca juga:  Mendikbud Nadiem Makarim Pastikan UN 2020 Tetap Dilaksanakan

Sebelumnya, Netflix telah diblokir Telkom Group sejak Januari 2016 untuk semua layanan internetnya mulai dari IndiHome hingga Telkomsel. Pada saat itu, pihak Telkom melakukan pemblokiran karena persoalan etis, di mana ada beberapa hal terkait kebijakan konten yang tidak disepakati oleh Netflix.

Sementara itu, isu pembukaan blokir Netflix oleh Telkom Group sendiri mulai berhembus sejak akhir April 2020, ketika Hooq resmi menutup layanan mereka. Platform streaming video asal Singapura tersebut merupakan mitra Telkom dan juga sekaligus salah satu pesaing Netflix di wilayah Asia Tenggara.

Artikel ini telah dibaca 515 kali

Baca Lainnya
X