Terlalu Banyak Minum Air Putih Ternyata Berbahaya, Ini Penjelasan Ahli!

0
1160
Terlalu Banyak Minum Air Putih Berbahaya

RariaMedia.com – Kamu pasti pernah atau bahkan sering mendengar “Jangan lupa banyak minum air putih”. Yap, minum banyak air putih memang baik dan dianjurkan untuk kesehatan tubuh kita.

Tapi ternyata, jika terlalu banyak kandungan air dalam tubuh alias overhydrating ternyata berbahaya juga, lho! Yuk, simak penjelasannya menurut ahli!

 

1. Terlalu banyak kandungan air

Terlalu banyak kandungan air dalam tubuh dapat terjadi ketika kita meminum air dalam jumlah yang sangat banyak dan menyebabkan level sodium dalam aliran darah menjadi menurun.

Baca juga:  Inilah 7 Manfaat Kiwi Untuk Kesehatan

Padahal, tubuh kita membutuhkan kandungan sodium untuk memperlancar tekanan darah sekaligus membantu fungsi kerja tubuh lain seperti otot.

Jika kadar sodium dalam tubuh terlalu rendah dapat menyebabkan Hyponatremia, yaitu kondisi yang berbahaya dan dapat memicu ketidaksadaran diri, koma, bahkan kematian.

 

2. Memicu gejala

Keadaan seseorang yang ingin meminum air putih dalam jumlah cukup banyak akhirnya dapat memicu gejala-gejala seperti muntah hingga sakit kepala dan kelelahan.

Tubuh kita didesain untuk mengetahui adanya bahaya yang mengancam dalam tubuh. Misalnya ketika kita merasa kehausan, maka dengan sendirinya kita jadi ingin minum. Begitu juga ketika kita dalam kondisi terlalu banyak air dalam tubuh, maka tubuh kita akan memberi ‘pesan’ seperti keinginan untuk muntah dan sakit kepala.

 

3. Setiap tubuh memiliki kebutuhan yang berbeda-beda

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda terhadap kandungan air yang masuk ke dalam tubuh mereka, tergantung dari jenis kelaminusia, kegiatan, dan lain-lain.

Namun, disarankan agar kita perlu memahami keadaan dalam tubuh juga. Misalnya ketika urine yang kita keluarkan berwarna putih transparan, itu artinya tubuh kita memiliki kandungan air yang cukup.

Baca juga:  Jangan Tidur Setelah Makan Sahur, Ini Bahayanya!

Sementara untuk seseorang yang memiliki aktivitas berat dan sering berkeringat seperti atlet, maka mereka membutuhkan asupan air dengan tambahan minuman khusus untuk aktivitas olahraga.

 

4. Delapan gelas per hari

Agar tubuh kita senantiasa sehat dan fit, jangan lupa untuk memberi asupan air putih yang cukup dengan meminum delapan gelas air putih per hari.

Pastikan juga selalu mengenali kondisi warna urine yang kita keluarkan. Dengan begitu, kita bisa mengontrol asupan air yang masuk ke tubuh dengan lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here