Tiket Pesawat Mahal, Pengguna Bus Mudik Tahun Ini Naik 15 Persen

0
264
Mudik lebaran 2019

RariaMedia.com – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan, terjadi lonjakan jumlah bus selama periode mudik Lebaran 2019. Kenaikan terjadi cukup signifikan yakni mencapai angka 15 persen.

Namun, angka pasti jumlah bus serta penumpang belum dapat dipastikan karena saat ini arus balik masih terjadi.

Baca juga:  Belum Setahun Beroperasi, MRT Jakarta Sudah Raup Rp 60 Miliar

“Kira-kira 10 sampai 15 persen. Jadi kalau kenaikan penumpang kita yakini bahwa ini cukup banyak,” kata dia seperti dilansir dari Liputan6.com, (7/6/2019).

Dia mengatakan, hal tersebut merupakan sebuah dinamika baru dengan terjadi kenaikan yang cukup signifikan pada transportasi jalur darat. Hal ini juga diklaim dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan.

“Oleh karenanya pemerintah akan secara sistematis untuk mengefektifkan penggunaan angkutan massal khususnya bus sehingga kemudahan-kemudahan kemacetan itu bisa diatasi dengan baik,” ujarnya.

Budi pun tak menampik adanya kenaikan jumlah pemudik dengan bus lantaran tiket pesawat yang cukup mahal sehingga sebagian masyarakat memilih beralih menggunakan transportasi darat. Namun, dia menegaskan setiap tahun, jumlah pemudik dengan bus memang selalu meningkat.

“Di antaranya itu (tiket peswat tinggi) tetapi dari sejak 2 tahun lalu,  kami selalu menginisiasi bagaimana bus ini menjadi angkutan pertama,” ujarnya.

Selain itu, hal lain yang menjadi pemicu drastisnya pengguna bus pada mudik kali ini adalah banyaknya inovasi yang dilakukan perusahaan dengan pemerintah.

“Suatu yang sudah kita pikirkan agar masyarakat pindah dari kendaraan pribadi atau individu ke kendaraan umum. Kita melakukan launching bus Trans Jawa. Kecenderungan masyarakat menggunakan bus sangat antusias,  pengamatan saya baik di Pulogebang maupun Kampung Rambutan,” ungkapnya.

Baca juga:  Usai Dapatkan Dana Rp 28 Triliun, Ini Langkah Grab Selanjutnya

Selain itu dia berjanji akan memperbaiki terminal-terminal agar masyarakat makin tertarik menggunakan bus untuk bepergian.

“Kami minta operator bus mengganti dengan bus yang bagus,  kami janji tahun depan akan memperbaiki terminal-terminal jadi lebih bagus,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here