Usai Tahan Imbang China, Indonesia Dipastikan Lolos ke Piala Asia 2020

0
600
Timnas Indonesia U-16

RariaMedia.com – Timnas U-16 Indonesia akhirnya sukses memastikan satu tempat di Piala Asia 2020 usai bermain imbang 0-0 dengan China di laga terakhir Grup G babak kualifikasi, Minggu (22/9/2019) malam.

Hasil imbang itu membuat Indonesia finis di urutan kedua dengan koleksi 10 poin. Anak-anak didikan Bima Sakti hanya kalah selisih gol (+26) dari China (+28) yang ada di puncak klasemen.

Baca juga:  Kalah dari Uruguay, Portugal Susul Argentina Pulang Kampung

Meski demikian, karena jumlah peserta di tiap grup Kualifikasi Piala Asia ini berbeda-beda, di mana ada grup yang berisikan empat dan lima negara, pemotongan poin dilakukan.

Dengan aturan tersebut, Indonesia terhitung memiliki 7 poin hasil 2 kali menang dan 1 kali imbang. Selisih gol mereka pun menciut menjadi +12. Kendati demikian, ini sudah cukup untuk membawa ‘Garuda Asia’ lolos ke Piala Asia tahun depan.

Ada empat runner-up terbaik yang berhak masuk ke putaran final dan Indonesia ada di urutan kedua dalam daftar tersebut. Sama-sama memiliki 7 poin dan selisih gol +12, Indonesia kalah dari Yaman yang mampu mencetak lebih banyak gol.

Di bawah Yaman dan Indonesia ada Uzbekistan dan Oman. Dua negara yang disebut terakhir pun sama-sama punya koleksi 7 poin. Bedanya, mereka ‘hanya’ mampu mengoleksi selisih gol +3.

Bagi Timnas U-16, keberhasilan lolos ke Piala Asia ini menjadi torehan ketujuh sepanjang sejarah. Dari enam keikutsertaan sebelumnya, prestasi terbaik mereka adalah ketika finis urutan empat di edisi 1990.

Baca juga:  Jelang Pertandingan Melawan Indonesia, Pelatih Jepang Soroti Ini

Piala Asia U-16 2020 nanti merupakan ajang kualifikasi menuju Piala Dunia U-17 2021. Dari sana, hanya empat semifinalis yang berhak melaju di ajang bergengsi tersebut.

Berikut negara-negara peserta yang akan mentas di Piala Asia U-16 Bahrain 2020 mendatang:

  1. Bahrain (tuan rumah)
  2. Tajikistan (juara Grup A)
  3. India (juara Grup B)
  4. Iran (juara Grup C)
  5. Arab Saudi (juara Grup D)
  6. Qatar (juara Grup E)
  7. Uni Emirat Arab (juara Grup F)
  8. China (juara Grup G)
  9. Australia (juara Grup H)
  10. Korea Utara (juara Grup I)
  11. Jepang (juara Grup J)
  12. Korea Selatan (juara Grup K)
  13. Yaman (runner-up terbaik 1)
  14. Indonesia (runner-up terbaik 2)
  15. Uzbekistan (runner-up terbaik 3)
  16. Oman (runner-up terbaik 4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here