Menu

Mode Gelap
 

Fashion & Beauty · 30 Okt 2021 15:08 WIB

Viral Keramas Pakai Kopi di TikTok, Berikut Manfaat Kopi dan Risikonya bagi Rambutmu!


 Tren keramas dengan memakai kopi sedang viral dan banyak dipraktikkan. Lantas, apakah tren ini bermanfaat atau justru berbahaya? (Foto: deathwishcoffee.com) Perbesar

Tren keramas dengan memakai kopi sedang viral dan banyak dipraktikkan. Lantas, apakah tren ini bermanfaat atau justru berbahaya? (Foto: deathwishcoffee.com)

https://images.pexels.com/photos/7755473/pexels-photo-7755473.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&w=1260&h=750&dpr=1

Rariamedia.com – Tren mencampur kopi dengan sampo sedang ramai menjadi perbicangan di TikTok. Tren ini bermula ketika seorang netizen menyebutkan kopi hitam sebagai salah satu haircare-nya.

Dia pun menunjukkan bagaimana ia mencampurkan kopi hitam tanpa gula yang biasa dijual di pasaran dengan sampo. Kombinasi tersebut diklaim dapat mengurangi kerontokan rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Tentu saja ini menjadi kabar baik bagi sebagian besar warganet yang memiliki masalah serupa. Namun, tahukah kamu apa saja manfaat kopi bagi rambut? Amankah campuran kopi dan sampo bagi rambutmu? Yuk simak pembahasan dari segi ilmiahnya!

 

Memperbaiki pertumbuhan rambut

manfaat keramas dengan kopi

Zat kafein dalam kopi dapat membantu pertumbuhan rambut. (Foto: Pexels)

Dilansir dari Heathline, zat kafein dalam kopi mampu merangsang pertumbuhan batang rambut. Pada dasarnya, folikel rambut manusia dapat mengalami kerusakan seiring dengan bertambahnya usia. Kondisi tersebut dapat diperburuk bila kita memiliki terlalu banyak hormon DHT (Dihidrotestosteron) yang berdampak pada makin parahnya tingkat kerontokan rambut.

Dalam hal ini, kafein berperan sebagai pemblokir efek negatif dari berlebihnya hormon DHT.  Flavonoid yang dikandungnya juga membantu proses regenerasi rambut. Karena itu, rutin menggunakan hair care berbahan kopi dapat mempercepat pertumbuhan rambut serta menghasilkan akar rambut yang lebih sehat.

 

Detoksifikasi dan eksfoliasi kulit kepala

Tips Merawat Rambut

Bubuk kopi dapat membantu membersihkan kulit kepala. (Foto: Pexels)

Bubuk kopi diketahui dapat menyerap minyak dan mengangkat kotoran pada kulit kepala. Tak hanya itu, kandungan asam dalam kopi juga mampu menyeimbangkan level pH di kulit kepalamu.

Ibarat sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui, penggunaan kopi dalam hair care-mu dapat membuat kulit kepala lebih bersih dan bebas dari ketombe.

Baca juga:  3 Tips Cegah Timbulnya Jerawat Saat Gunakan Masker

 

Membuat rambut berkilau dan bersinar

Tips Rambut Berkilau

Kopi mengandung zat yang dapat membuat rambut berkilau. (Foto: Freepik)

Tak hanya merangsang pertumbuhan rambut, flavonoid dalam kopi juga dapat menghempas permasalahan rambut kusut dan kusam. Flavonoid mendorong terjadinya relaksasi otot di pembuluh darah sekitar folikel rambut.

Hal tersebut dapat membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sekaligus memberika nutrisi bagi sel-sel folikel rambut dengan baik. Dengan makin sehatnya sel-sel folikel tersebut, rambutmu pun akan menjadi lebih halus dan tampak berkilau.

 

Amankah tren “mengoplos” sampo dengan kopi ini?

Sampo Kopi

Walaupun memberikan manfaat, penggunaan kopi berlebihan untuk keramas juga memiliki bahaya. (Foto: Pexels)

Merujuk pada penjelasan dr. Devia Irine Putri pada laman Klikdokter, tren ini memang dapat memberikan manfaat yang nyata bagi sejumlah orang. Namun demikian, frekuensi penggunaan yang berlebihan juga dapat memberikan efek samping, seperti iritasi pada kulit kepala dan berubahnya warna rambut.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakanlah campuran kopi dan sampo dengan tidak berlebihan. Selain itu, pastikan juga untuk berhenti mempraktikannya jika mengalami tanda-tanda alergi ataupun iritasi. Selamat mencoba!

Artikel ini telah dibaca 27 kali

Read More

Kesulitan Memahami Orang Tersayang? Yuk Kenalan Sama Love Language!

23 Januari 2022 - 11:26 WIB

Love Language

Hati-hati, Ini 5 Tanda Relationship Red Flags yang Perlu Diwaspadai!

1 Januari 2022 - 16:14 WIB

Tanda Red Flags

Digital Decluttering: Yuk, Bersihkan Sampah Tersembunyi di Ponselmu!

15 Desember 2021 - 08:00 WIB

Digital decluttering

Mengenal Frugal Living, Gaya Hidup yang Bisa Bikin Tajir Melintir

25 Oktober 2021 - 08:00 WIB

Frugal Living

Kenali Dopamine Detox, Langkah Positif untuk Menjaga Produktivitas

14 Oktober 2021 - 08:00 WIB

Dopamine Detox

Lagu “Dinda Jangan Marah-Marah” Viral, Berikut 3 Hal yang Bisa Bikin Cewekmu Marah!

24 September 2021 - 07:00 WIB

Cewek Marah
X