XL Mulai Matikan Sinyal 2G Secara Perlahan

0
442
Xl matikan 2g

RariaMedia.com – Jumlah pengguna jaringan 2G yang semakin menurun membuat operator seluler XL Axiata mulai mematikan jaringan 2G mereka secara perlahan sejak 2018 lalu.

XL memperkirakan jaringan 2G miliknya akan mati total dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun ke depan.

Baca juga:  Oppo F9 Siap Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Menurut Chief Technology Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, penonaktifan jaringan 2G milik XL Axiata dilakukan secara bertahap dari cluster ke cluster.

XL akan mematikan jaringan 2G di wilayah tertentu yang jumlah penggunanya semakin berkurang.

“Dari tahun 2018 kami melakukan akselerasi depresiasi untuk 2G dan itu dengan melakukan shutdown 2G network. (Penutupannya) per cluster jadi yang kami lihat adalah kalau traffic makin rendah baru tutup 2G-nya,” kata Yessie dilansir dari Kompas.com.

Yessie menambahkan, nantinya jika penutupan jaringan 2G ini telah selesai, maka sisa frekuensi kosong yang semula digunakan jaringan 2G akan dialokasikan untuk dimanfaatkan oleh jaringan 4G.

“Jadi saat melakukan shutdown 2G, yang menjadi benefit adalah frekuensi jadi terbuka untuk kami re-farm. Nah yang kami re-farm untuk jaringan LTE. Jadi untuk 4G,” ujar Yessie.

Baca juga:  Mendikbud Nadiem Makarim Pastikan UN 2020 Tetap Dilaksanakan

Dikutip dari Kompas.com, Direktur Keuangan XL Axiata, Moh Adlan Bin Ahmad Tajuddin, juga mengatakan bahwa penonaktifan jaringan 2G secara bertahap ini dilakukan agar pengeluaran perusahaan jadi lebih efisien. Teknologi jaringan 2G, dianggap sebagai teknologi lawas yang berbiaya besar.

“Jaringan 2G teknologi lama. Tidak efisien. Kalau kami bisa shutdown 2G, kan kemudian bisa untuk 4G. Bisa meningkatkan kualitas 4G,” kata Adlan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here