Yahoo Messenger Akan Pensiun 17 Juli Mendatang

0

RariaMedia.com – Oath Inc. yang memayungi Yahoo mengumumkan aplikasi pesan instan Yahoo Messenger akan pensiun dan berhenti beroperasi untuk selamanya mulai 17 Juli mendatang. Menurut pihak Yahoo, belum ada produk yang tersedia untuk menggantikan Yahoo Messenger saat ini.

“Kami masih melanjutkan eksperimen dengan layanan dan aplikasi terbaru, salah satunya adalah aplikasi pesan instan grup undangan yang disebut Yahoo Squirrel,” tulis Yahoo.

Seperti yang ditulis sebelumnya, Squirrel adalah aplikasi pesan instan di mana pengguna hanya bisa masuk ke dalam grup atau chatroom tertentu melalui undangan saja. Saat ini, aplikasi Yahoo Squirrel masih dalam format beta dan mulai diuji coba bulan lalu.

Baca juga:  Akhirnya, Apple Merilis iOS 12 Versi Beta Untuk Publik

Bagi kamu pengguna Yahoo Messenger yang ingin berhijrah ke Yahoo Squirrel, kamu bisa mencoba versi betanya lebih dulu dengan mengunduhnya di tautan berikut.

Sampai saat ini, Yahoo memang tidak pernah membeberkan jumlah pengguna aktifnya. Namun secara teori, setiap pengguna yang mengakses layanan Yahoo akan log-in ke Yahoo Messenger. Jika dikalkulasi secara akumulatif selama 20 tahun terakhir, pihak Yahoo mengklaim ada ratusan juta orang yang menggunakan layanan Yahoo.

Meski nantinya ditutup, akun Yahoo pengguna akan tetap ada dan bisa digunakan untuk mengakses layanan lain seperti Yahoo Mail. Hingga berita ini diturunkan, tidak dijabarkan secara jelas alasan utama penutupan Yahoo Messenger.

Kemungkinan dominasi aplikasi pesan instan milik Facebook bersaudara, yakni WhatsApp dan Messenger serta aplikasi-aplikasi lainnya seperti WeChat atau Snapchat menjadi salah satu alasanya.

Baca juga:  Tips Agar Tidak Kehabisan Uang Setelah Mudik

“Karena lanskap komunikasi terus menerus berubah, kami fokus pada pembangunan dan pengenalan alat komunikasi baru yang menyenangkan dan lebih cocok bagi kebutuhan pengguna,” tulis Yahoo dilansir dari Tech Crunch, Sabtu (9/6/2018).

Bagi kamu pengguna Yahoo Messenger bisa mengunduh riwayat chat di komputer atau smartphone melalui tautan ini, hingga enam bulan ke depan.

Yahoo Messenger pertama kali debut sebagai Yahoo Pager pada tahun 1998. Saat itu, layanan pesan instan hanya tersedia di desktop, sebagai alternatif e-mail dan SMS. Gagasan yang diusung Yahoo Pager masa itu cukup menarik, karena sistem kirim pesan tanpa terikat penyedia layanan tertentu.

Hingga pada akhirnya, popularitas Yahoo Messenger tergerus oleh aplikasi pesan instan berbasis seluler yang lebih praktis dan fungsional, seperti WhatsApp. Selain Yahoo Messenger, Oath juga menutup layanan serupa lain miliknya, yakni AIM dan AOL.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here